... jangan hanya menjadi konsumen saja... "
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengatakan, SDM kreatif akan mampu bertahan pada era globalisasi dengan menciptakan produk-produk yang memiliki inovasi untuk bersaing dengan produk dari luar negeri.

"Inovasi, kreasi, nilai tambah, hilirisasi dan industrialisasi ke depannya sangat penting, dan negara yang memiliki sumber daya manusia kreatif akan bertahan," kata Wirjawan, dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa.

Saat ini Indonesia negara ekonomi terbesar ke-15 di dunia dengan nilai Rp10.000 triliun pada 2012 lalu. Jika diakumulasikan, maka perekonomian Indonesia dari 2012 hingga 20 tahun ke depan nilainya dapat mencapai Rp600.000 triliun.

"Tantangan ke depan bagi generasi selanjutnya adalah bagaimana kita dapat mengisi pasar senilai Rp360 triliun tersebut dengan produk-produk buatan Indonesia," kata Wirjawan. Konsumsi domestik mencapai 60 persen merupakan potensi pasar yang sangat besar.

Menurut dia, Indonesia harus dibangun menjadi negara yang memiliki produk dengan daya saing tinggi untuk mampu bersaing dengan produk-produk dari negara lainn.

"Jangan sampai kalah degan Korea yang sudah dapat membangun telepon pintar, dan kita jangan hanya menjadi konsumen saja," kata dia.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013