Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Puluhan pembalap bersaing menaklukkan lintasan atau trek panjang pada seri penutup kejuaraan motocross bertajuk Trial Game Dirt 2023 yang digelar di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur, 3-4 November.

Racing Committee Trial Game Dirt 2023 Jim Sudaryanto di Kota Malang, Jumat, mengatakan trek balap yang disiapkan di Lapangan Rampal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang cukup menantang bagi puluhan pembalap yang tengah bersaing.

"Dibanding sirkuit sebelumnya ini memang paling besar, paling luas, dan pastinya untuk panjang lintasan lebih panjang. Trek lurus disiapkan 110 meter," kata Jim.

Jim menjelaskan, lintasan di Lapangan Rampal tersebut memiliki panjang sekitar 900 meter yang harus ditaklukkan para pembalap dalam persaingan ajang bergengsi kejuaraan motocross di Indonesia itu. Lintasan panjang, akan berpengaruh kepada para pembalap untuk mencatatkan waktu terbaiknya.

"Dengan trek yang besar dan lintasan yang lebih panjang, waktu akan cukup berpengaruh dibanding dengan waktu pada putaran sebelumnya. Ini termasuk lintasan dengan kategori besar," katanya.

Ia menambahkan, dengan kondisi lintasan panjang tersebut, diharapkan mampu mengeluarkan performa terbaik puluhan pembalap yang mengikuti kejuaraan Trial Game Dirt 2023.

"Jadi untuk trek kali ini, kita buat semaksimal mungkin dengan tikungan yang lebih besar dan trek panjang membuat para pembalap menjadi lebih maksimal untuk memacu motornya," katanya.

Baca juga: Puluhan pembalap motocross akan bersaing pada seri pamungkas di Malang

Sementara itu, pembalap dari tim IMPRO Ivan Harry mengatakan bahwa lintasan balap di Lapangan Rampal tersebut memang memiliki kesulitan tersendiri. Namun, dengan kondisi trek yang terbilang cepat tersebut, ia berharap mendapatkan hasil maksimal.

"Lintasannya cukup besar dibandingkan seri sebelumnya. Pada seri ini lebih cepat dengan trek panjang," katanya.

Untuk menaklukkan lintasan sepanjang 900 meter tersebut, lanjutnya, ia melakukan penyesuaian pada suspensi motor yang dikendarainya mengingat trek tersebut berpasir dan terbilang lebih lunak.

"Untuk strategi lebih ke suspensi karena ini trek semi pasir kalau sebelumnya keras," katanya.

Untuk menaklukkan lintasan tersebut, para pembalap harus fokus menghadapi berbagai rintangan yang terjadi di tengah lintasan, seperti double car jump, jumpingan patah, giant table top, titian kobra, jumpingan kurma royal serta jumping tong.

Kota Malang merupakan lokasi penutup Trial Game Dirt 2023 setelah sebelumnya digelar di lima kabupaten dan kota yakni Solo, Lumajang, Purwokerto, Magelang, dan Mojokerto.

Dalam seri pamungkas tersebut, puluhan pembalap akan bersaing untuk mencatatkan waktu terbaik guna meraih juara umum pada empat kelas, yakni Free For All (FFA) Open, Campuran Open, FFA Master, dan Campuran Non-Seeded.

Baca juga: Ducati hadirkan Borgo Panigale Motocross tahun depan di Italia

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023