Manokwari (ANTARA) - Kapal KM Labobar tetap melanjutkan pelayaran hingga ke Provinsi Papua Barat dan Papua usai mengalami insiden kebakaran di Dek 7 pada Jumat, 3 November 2023.

Manajer Komunikasi Internal dan Eksternal PT PELNI (Persero) Ditto Pappilanda saat dihubungi dari Manokwari, Sabtu, mengatakan telah terjadi insiden kebakaran di KM Labobar dari Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur menuju Pantoloan Provinsi Sulawesi Tengah, pada Jumat pukul 14.25 LT.

"Insiden persisnya terjadi di Dek 7 luar sebelah kanan. Api berhasil dipadamkan kru kapal pada pukul 14.40 LT dengan menggunakan alat pemadam kebakaran di kapal," ujarnya.

Ia mengatakan setelah insiden kebakaran tersebut, KM Labobar telah sandar di Pantoloan pukul 20.30 WITA. Selanjutnya pada pukul 22.30 WITA KM Labobar berlayar menuju Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga: Satgas Ternate laporkan tiga penumpang KM Labobar positif COVID-19

Baca juga: 18 penumpang KM Labobar tujuan Jayapura terkonfirmasi positif COVID-19


"KM Labobar tetap melanjutkan pelayarannya sesuai jadwal. Dari Bitung kemudian menuju Ternate, lalu masuk ke Provinsi Papua Barat dan Papua diawali Sorong, Manokwari, Nabire, Serui, Jayapura. Untuk kepastian jadwal tiba kapal dapat dicek secara berkala melalui aplikasi PELNI Mobile atau kantor cabang," ujarnya.

Ditto mengatakan kebakaran dapat ditangani baik oleh kru kapal dan dipastikan api sudah dipadamkan sepenuhnya serta tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Ia menjelaskan kebakaran diduga disebabkan puntung rokok yang dibuang ke dalam tong sampah yang memuat bahan mudah terbakar yaitu styrofoam di dalamnya. Namun, penyebab pasti kebakaran belum dapat disimpulkan dan masih dalam pemeriksaan.

"Akibat insiden tersebut, dua unit sekoci dan empat unit ILR mengalami kerusakan. Untuk nilai kerugian masih belum dapat disebutkan," ujarnya.*

Baca juga: Polsek Pelabuhan Jayapura sita 157 botol miras asal Bitung

Baca juga: Pemudik mulai berdatangan di Pelabuhan Tanjung Perak

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023