Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) bekerja sama dengan Sentra Mulya Jaya Kementerian Sosial menerima dan memperjuangkan aspirasi penyandang disabilitas dengan menyalurkan alat bantu disabilitas senilai Rp110 juta kepada 25 warga di Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah hari ini kami bisa menyalurkan bantuan disabilitas yang kami advokasikan ke Kementerian Sosial. Kami sampaikan terima kasih kepada Sentra Mulya Jaya Kemensos yang responsif atas usulan kami, termasuk warga berkebutuhan khusus yang mempercayakan kepada kami untuk memperjuangkan aspirasi mereka,” kata HNW yang juga anggota Komisi VIII DPR RI dalam sambutannya, Jumat (3/11), sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut HNW, penyaluran bantuan tersebut merupakan bukti pemerintah pusat, anggota DPR RI, dan pemerintah daerah hadir secara kolaboratif bagi warganya yang membutuhkan bantuan.

Bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) berupa alat bantu disabilitas yang disalurkan tersebut adalah kursi roda standar, kursi roda cerebral palsy, kacamata, alat bantu dengar, kaki palsu, laptop, popok, hingga bantuan nutrisi berupa susu, madu, dan pangan bergizi.

Baca juga: HNW imbau masyarakat memilih calon pemimpin sesuai pilihan hati
Baca juga: HNW tegaskan Gontor tidak terlibat politik praktis


Bantuan tersebut secara simbolik dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Betawi Ngumpul, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Turut dihadiri oleh Kepala Sentra Mulya Jaya Adrianus Alla, Lurah Srengseng Sawah Sarca, dan tokoh masyarakat Jagakarsa.

Dia menjelaskan bahwa dirinya rutin memperjuangkan advokasi warga, khususnya terkait bantuan sosial. Selain bantuan disabilitas, ia mengaku telah mengadvokasi bantuan untuk yatim piatu, terutama yang terdampak COVID-19.

Termasuk, bantuan pendidikan untuk anak-anak kurang mampu yang berprestasi dan bantuan bencana alam. HNW menyebut advokasi tersebut disambut baik warga karena manfaat yang dirasakan.

HNW menjelaskan pihaknya membuka hari aspirasi setiap Selasa. Setiap perwakilan masyarakat, kata dia, bisa datang dan menyampaikan aspirasi untuk diperjuangkan.

“Sesungguhnya kehadiran DPR RI bisa berperan memperjuangkan berbagai aspirasi warga kartena semua ini dalam rangka melaksanakan amanat rakyat dan amanat konstitusi, yakni mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” imbuh HNW.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023