Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa kerja sama kota kembar China dan Amerika Serikat telah membuahkan hasil.

Fondasi hubungan China-Amerika Serikat terletak pada masyarakat dan sumber kekuatan terletak pada persahabatan antarmasyarakat, kata Xi dalam pesannya pada Konferensi Kota Kembar China-AS yang digelar di Suzhou, Provinsi Jiangsu, China timur.

Provinsi/negara bagian kembar dan kota kembar menjadi platform penting untuk memperdalam persahabatan serta mencapai kerja sama yang saling menguntungkan, ujar Xi.

Dia mengungkapkan bahwa 284 pasang provinsi/negara bagian dan kota kembar telah dibentuk antara China dan AS sejak pasangan pertama kota kembar ditetapkan pada 1979.

Provinsi/negara bagian kembar dan kota kembar telah terlibat dalam kerja sama yang erat dan produktif selama empat dekade terakhir dan membawa manfaat nyata bagi kedua bangsa, tutur Xi.

Dia menekankan bahwa Konferensi Kota Kembar China-AS merupakan mekanisme penting bagi pertukaran subnasional dan telah memainkan peran positif dalam mempromosikan pengembangan dan kerja sama antara kota-kota kembar.

Xi meminta para peserta konferensi untuk terus bertindak sebagai jembatan bagi pertukaran subnasional, memungkinkan provinsi/negara bagian dan kota untuk memainkan peran yang lebih besar dalam mempromosikan pengembangan hubungan bilateral China-AS yang sehat dan stabil serta meningkatkan kesejahteraan kedua bangsa.

Konferensi yang mengusung tema "Membangun Kota Hijau untuk Masyarakat" (Build Green Cities for the People) tersebut diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Rakyat China untuk Persahabatan dengan Negara-negara Asing dan pemerintah Provinsi Jiangsu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023