Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Muhadjir Effendy mengatakan kampus harus dapat menjadi pusat keunggulan di masyarakat.

"Saya berharap kampus dapat menjadi pusat unggulan yang membawa dampak terhadap pembangunan masyarakat di wilayahnya”, ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Ia menambahkan peningkatan perekonomian daerah bisa didukung kualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja lokal.

Posisi strategis Penajam Paser Utara (PPU) dalam konteks pembangunan IKN harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk peningkatan ekonomi daerah dan pengembangan SDM.
 
Universitas Gunadarma menginisiasi program pembinaan UMKM berbasis kemitraan dengan pelatihan kepada para peternak di Kecamatan Penajam di Kabupaten PPU. Program kompetisi itu didanai Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek.
 
Universitas Gunadarma kembali menggandeng Pemkab PPU untuk pelaksanaan program dan melibatkan dosen dan mahasiswa pada Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) yang sudah memulai perkuliahan untuk angkatan pertama di Kampus Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Penajam.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof ES Margiant, mengatakan berbagai pelaksanaan program itu tidak terlepas dari keberadaan PSDKU di PPU sebagai langkah strategis institusi dalam merespon pembangunan IKN.
 
"Berbagai kegiatan Gunadarma di Kampus Nusantara didedikasikan kepada masyarakat PPU, mulai dari penanganan stunting, penerapan TIK di sektor pendidikan dan pertanian, termasuk kegiatan berbagai hibah pengabdian kepada masyarakat” tambah Margianti.

Universitas Gunadarma menjadi perguruan tinggi pertama yang membuka perguruan tinggi di wilayah penyangga IKN dengan delapan program studi jenjang sarjana yaitu: Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Arsitek, Ilmu Komunikasi, dan Psikologi.
 
Ketua Pelaksana Program Pembinaan UMKM Gunarama, Prof Budi Hermana, mengatakan PPU mempunyai potensi besar sebagai penyuplai daging untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) di masa depan. Proyeksi migrasi penduduk seiring pembangunan IKN perlu kesinambungan pasokan pangan, termasuk daging ayam. Peluang tersebut sudah mulai ditangkap oleh pelaku usaha di PPU.
 
Potensi tersebut menjadi pertimbangan memilih sektor peternakan sebagai penerima manfaat dari program pembinaan UMKM berbasis kemitraan.
 
“Luaran dari program ini adalah penerapan teknologi cerdas pada pengelolaan peternakan untuk meningkatkan indeks performa dari ternak," kata Budi Hermana.

Baca juga: Menko PMK: Harmoniskan pembangunan fisik-kebudayaan di Kota Nusantara

Baca juga: Menko PMK: Sebaiknya lembaga pendidikan tidak dipakai untuk kampanye

Baca juga: Menko PMK: Kampus harus dilibatkan dalam pembangunan wilayah 3T


 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023