Jenewa (ANTARA) - Mulai 2024, acara penganugerahan Ballon d'Or akan diselenggarakan bersama oleh UEFA dan Groupe Amaury, pemilik France Football dan surat kabar L'Equipe, demikian diumumkan badan sepak bola Eropa itu pada Jumat (3/11).

Pada 30 Oktober lalu, bintang asal Argentina, Lionel Messi, meraih Ballon d'Or untuk kedelapan kalinya sekaligus memperpanjang rekornya sebagai peraih terbanyak dalam salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia sepak bola itu.

Dua kategori penghargaan baru, yaitu pelatih pria dan wanita terbaik, juga akan ditambahkan ke dalam ajang tersebut, yang telah memberikan penghargaan Ballon d'Or (pemain terbaik) untuk kategori pria dan wanita,

Trofi Kopa (pemain terbaik untuk kategori usia di bawah 21 tahun), Trofi Yashin (penjaga gawang terbaik), Trofi Gerd Muller (pencetak gol terbanyak pada musim sebelumnya), Trofi Klub Pria Terbaik Musim Ini, Trofi Klub Wanita Terbaik Musim Ini, dan Socrates Award (karya kemanusiaan).

UEFA mengatakan bahwa Groupe Amaury akan tetap menjadi pemilik merek Ballon d'Or, sementara UEFA akan menyumbangkan keahlian sepak bolanya, memasarkan hak komersial global, dan ikut serta menyelenggarakan gala penghargaan tahunan tersebut.

Ballon d'Or pertama kali diperkenalkan oleh Football France pada 1956. Penghargaan tahunan ini sempat digabung dengan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA (FIFA World Player of the Year) antara 2010 hingga 2015.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023