Denpasar (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto datang langsung ke Pulau Dewata menyambut deklarasi dukungan dari Keluarga Besar Alumni Angkatan Muda (AAM) Muhammadiyah Bali untuk bakal calon presiden-wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

“Dukungan AAM ditujukan ke Ganjar-Mahfud kami terima penuh rasa haru, ini dukungan moral,” kata Hasto dalam pidatonya di Denpasar, Sabtu.

Ia mengaitkan dukungan kelompok tersebut dengan kedekatan Soekarno dan Muhammadiyah, dimana semasa hidup Presiden RI pertama itu pernah menjadi pengurus Muhammadiyah ketika diasingkan ke Bengkulu.

“Ini menunjukkan kedekatan, kemudian diambil nilai-nilainya oleh Bung Karno, maka ketika wafat pun beliau ingin dimakamkan dan dalam peti ada bendera Muhammadiyah,” ujar Hasto.

Sementara itu, Koordinator AAM Muhammadiyah Bali Ikhwan Syah Nasution menyampaikan dukungan ini didasari oleh kepercayaan mereka bahwa agama dan moral adalah landasan utama, dan sosok Ganjar-Mahfud dinilai punya kriteria itu.

Ia menyadari Muhammadiyah secara institusi dilarang berpolitik praktis, namun menurutnya mereka mempunyai hak konstitusi, dan sebagai anak muda keinginannya agar Indonesia maju, unggul, dan masyarakatnya damai.

“Yang hadir ini hanya 30 orang tetapi jumlah warga Muhammadiyah di Bali sangat besar cukup fantastis hampir 100.000. Saya kira kami akan menindaklanjuti untuk terus mensosialisasikan,“ ujarnya.

Terdapat enam poin dalam deklarasi tersebut, pertama, mendukung pemerintah untuk dapat mewujudkan pilpres yang jujur, berkualitas, aman dan damai menjunjung nilai-nilai demokrasi yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, kemudian mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai capres dan cawapres 2024-2029.

Kemudian Ganjar dan Mahfud apabila terpilih agar berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam merawat semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai penjaga toleransi dalam keberagaman beragama, etnik maupun budaya demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang damai dan harmoni, juga berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam pemberantasan korupsi, penegakan hukum yang berkualitas, serta konsisten dalam implementasi, untuk terwujudnya bangsa yang maju dan beradab.

Selain itu agar berkomitmen dan bersungguh-sungguh dalam meningkatkan fasilitas, kualitas pendidikan yang merata, meningkatkan kesejahteraan guru, pelayanan Kesehatan prima tanpa diskriminasi, dan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan demi terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, serta Keluarga Besar AAM Muhammadiyah Bali siap mengawasi dan mengawal visi misi, dan program mereka.
Baca juga: Hasto sebut PDIP yakin bisa menang kembali Pemilu 2024
Baca juga: Sekjen PDIP instruksikan kader perkut akar rumput menangkan Ganjar
Baca juga: Sekjen PDI Perjuangan lempar pujian ke Gubernur Khofifah

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023