Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 13.251 personel untuk mengamankan perhelatan Piala Dunia U-17 Indonesia yang dimulai tanggal 10 November 2023.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Sabtu, mengatakan Polri sudah menyiapkan personel pengamanan Piala Dunia U - 17.

“Jumlah pengamanan melibatkan 13.251 personel terdiri atas 415 personel dari Mabes Polri dan 12.836 personel dari empat Polda,” kata Ramadhan.

Jenderal polisi bintang satu itu menjelaskan keempat Polda yang dilibatkan yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur dan Polda Jawa Tengah.

Ia mengatakan sebelum Piala Dunia U-17 digelar, Polri melaksanakan Apel Gelar Pasukan secara serentak di empat Polda tersebut pada tanggal 9 November.

“Apel gelar pasukan dipusatkan di Surabaya,” kata Ramadhan.

Terpisah, Kepolisian Daerah Jawa Timur melatih 350 personel khusus untuk menjadi petugas pelayan atau steward yang akan ditempatkan di luar Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, saat perhelatan Piala Dunia U-17 mulai 10 November 2023.

Sementara itu, FIFA World Cup U-17 dipertandingkan di empat kota yaitu Jakarta, Solo, Bandung dan Surabaya. Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga menjadi "home base" bagi Tim Nasional (Timnas) U-17 Indonesia di babak penyisihan Grup A.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 antara lain Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).
Baca juga: Kapolri: Pengamanan Piala Dunia U-17 tak ganggu tahapan Pemilu 2024 
Baca juga: PLN terapkan skema pengamanan kelistrikan berlapis di Piala Dunia FIBA

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023