Tangerang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, menangani tiga pohon tumbang di Desa Cikasungka, Kecamatan Solear akibat hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian daerah itu.

"Pada saat hujan disertai angin kencang pada Sabtu, 4 November 2023, petang hingga malam, tim BPBD mengevakuasi tiga pohon tumbang di wilayah Solear," kata Kepala BPBD Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat, di Tangerang, Minggu.

Ia mengatakan, dalam proses evakuasi pohon tumbang berdiameter 60 sampai 70 centimeter (cm) itu pihaknya menerjunkan belasan petugas.

Sebagian pohon, lanjut dia, sempat menghalangi jalan dan menimpa kendaraan serta tiang listrik, sehingga kendaraan bermotor di lokasi tersebut tidak bisa melintas.

Baca juga: Tim gabungan tuntaskan penanganan pohon tumbang di jalur utama Cianjur

Ia menuturkan, untuk evakuasi pertama yang dilakukan petugas di Taman Adiyasa, Blok D27, Rt/Rw 001/007, Desa Cikasungka dengan kondisi pohon tumbang menimpa tiga unit mobil angkutan kota (angkot).

"Evakuasi lokasi pertama itu dilakukan pada pukul 18.00 WIB, dengan pohon tersebut tumbang dan menimpa tiga mobil angkot. Untuk kerugian ditaksir sekitar Rp10 juta lebih," katanya.

Kemudian, pada lokasi kedua, petugas mengevakuasi pohon tumbang berdiameter sekitar 60 cm itu dilakukan di Taman Adiyasa Blok F, Rt/Rw 008/007, Desa Cikasungka yang berlangsung cepat dan dinyatakan selesai pada pukul 20.10 WIB.

"Untuk lokasi kedua ini proses terjadi pukul 20.05 WIB, pohon tersebut roboh dan menimpa kabel listrik, sehingga kabel tersebut putus dan menyebabkan mati lampu," tuturnya.

Baca juga: BPBD Kudus evakuasi tiga pohon tumbang yang timpa mobil dan toko

Selanjutnya, untuk penanganan pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang tersebut dilakukan di Perum Bukit Cikasungka, Rt/Rw 003/009, Desa Cikasungka yang terjadi pada pukul 22.11 WIB.

Untuk pohon tumbang yang ketiga ini membutuhkan proses evakuasi cukup lama, sebab diameter pohon yang menimpa kabel listrik itu cukup besar sekitar 70 cm.

"Kalau untuk pohon ketiga ini kita selesai penanganannya sekitar pukul 22.21 WIB," ucapnya.

Baca juga: BPBD Bogor: Penanganan pohon tumbang selesai, Jalan MA Salmun lancar

Ia menambahkan, atas terjadinya peristiwa pohon tumbang itu tidak ada korban jiwa atau luka, hanya kerugian materiil.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023