Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen mengatakan kemenangan Sprint di Grand Prix Sao Paulo Brasil merupakan kemenangan yang sangat spesial baginya.

Hal tersebut menyusul pencapaian ini yang merupakan kemenangan Sprint keempat untuknya di musim ini. Selain itu, Sprint GP Sao Paulo merupakan Sprint terakhir yang dipertandingkan pada Formula 1 musim 2023.

"Ini jauh lebih baik dari tahun lalu. Penting untuk menjadi yang terdepan di awal," kata Verstappen, dikutip dari AFP, Minggu.

Juara dunia tiga kali itu finis dengan solid di depan Lando Norris (McLaren) yang merupakan pole sitter untuk sesi tersebut. Verstappen unggul 4,287 detik dari Norris dengan rekan setimnya di Red Bull Sergio Perez menempati posisi ketiga di depan George Russell (Mercedes) dan Charles Leclerc (Ferrari).

Lebih lanjut, Yuki Tsunoda (AlphaTauri) berada di urutan keenam, tepat di depan Lewis Hamilton (Mercedes) dan Carlos Sainz (Ferrari).

"Saya pikir saya punya power yang cukup, tapi saya terlalu konservatif. Pada awal balapan, saya tampil bagus tapi itu tidak cukup ketika saya mencoba mengejar Max," ungkap Norris.

Baca juga: Statistik Grand Prix Sao Paulo di Interlagos

Di sisi lain, Bos Tim Red Bull Christian Horner mengatakan pencapaian Verstappen dan Perez di Sprint GP Sao Paulo cukup baik dan solid, terutama untuk Perez, dimana ia mengalami akhir pekan yang buruk di GP Meksiko, beberapa waktu lalu.

"Itu adalah balapan yang dilaksanakan dengan baik oleh Max. Dia memenangi start, dia membalap dengan konsisten," kata Horner.

"Itu juga merupakan balapan yang bagus dan meningkatkan kepercayaan diri Checo (Perez) dan ia meraih poin yang bagus. Pada akhirnya, kami unggul 30 detik dari George Russell yang merupakan informasi bagus bagi kami untuk balapan utama mendatang," ujarnya.

Horner menilai Perez mampu menanggapi tekanan dan spekulasi buruk tentangnya setelah hasil yang buruk di Meksiko.

"Itu adalah salah satu kekuatan besarnya, dimana dia memang pernah terpuruk, namun ia berusaha untuk bangkit kembali," kata Horner.

Baca juga: Alonso yakin Aston Martin akan bangkit lebih kuat di GP Sao Paulo
Baca juga: Ricciardo fokus bangun kepercayaan diri untuk hadapi sisa musim 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023