Beijing (ANTARA) -  Sebuah pusat inovasi robot humanoid telah didirikan di Beijing, ibu kota China, untuk mempercepat pasokan teknologi dan industrialisasi robot humanoid.

Perusahaan pusat inovasi robot humanoid Beijing yang secara resmi terdaftar di Kawasan Pengembangan Ekonomi-Teknologi Beijing itu dibangun bersama oleh sejumlah perusahaan yang memproduksi robot lengkap, komponen inti, dan model robot berukuran besar.

Pusat inovasi itu akan membangun platform-platform induk perangkat keras dan perangkat lunak serta fokus untuk mengatasi masalah-masalah utama yang perlu segera dipecahkan dalam industri ini, seperti sistem kontrol operasi dan sistem operasi sumber terbuka.

"Beijing memiliki platform inspeksi dan pengujian robot nasional dan komite teknis standardisasi robot nasional, dan akan segera membentuk dana pengembangan industri robot Beijing. Kota ini juga sedang membangun pusat pemrosesan bersama yang melayani pemrosesan dan pembuatan robot," kata Su Guobin, wakil kepala Biro Ekonomi dan Teknologi Informasi Kota Beijing.

China akan berusaha membangun sistem inovasi awal untuk robot humanoid, dengan sederet perusahaan kecil dan menengah yang mengkhususkan diri di pasar robot humanoid dan memiliki teknologi mutakhir serta dua hingga tiga perusahaan robot humanoid yang memiliki pengaruh global per 2025, menurut pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023