Kami pastikan harga bahan pokok yang dijual di pasar murah lebih murah daripada harga di pasaran. Ada beras, gula, minyak goreng dan telur
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar pasar murah dan pameran produk UMKM bersamaan dengan jalan sehat untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Jatim yang dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) V Jember, Minggu.

"Bersama dengan masyarakat, kami menggelar berbagai kegiatan seperti jalan sehat, pasar murah dan bagi-bagi sembako," kata Khofifah di Jember, Minggu.

Menurutnya, pasar murah yang diadakan di Jember merupakan kali ke-44 karena sebelumnya pasar murah ke-43 digelar di Bojonegoro, belum lama ini.

"Kami pastikan harga bahan pokok yang dijual di pasar murah lebih murah daripada harga di pasaran. Ada beras, gula, minyak goreng dan telur," tuturnya.

Ia berharap kegiatan itu mendekatkan dengan kemampuan atau daya beli masyarakat dan tidak hanya itu, ada sektor lain yang juga mendapatkan manfaatnya yakni perekonomian melalui pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), sehingga diharapkan sehat juga UMKM-nya.

Dalam operasi pasar itu disediakan sejumlah kebutuhan pokok dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET) di antaranya beras medium dengan harga Rp10.200/kg sebanyak 10 ton, MinyaKita Rp13.000/liter sebanyak 1.800 liter, gula pasir seharga Rp13.000/kg disediakan 250 kg, kemudian telur ayam ras dengan harga Rp22.000/kg tersedia 100 kg.

Baca juga: JSEF 2023 mempromosikan produk UMKM Jatim

Baca juga: BI harapkan UMKM Jatim maksimalkan potensi ekonomi nasional


Sebagai informasi harga beberapa bahan pokok tersebut di Jember per 4 November 2023 yakni beras Rp10.860/kg dengan HET Rp10.900/kg, minyak goreng Rp14.700/liter dengan HET Rp 14.000/liter, gula pasir Rp15.300/kg dengan HET Rp14.500/kg, dan telur ayam ras Rp23.900/kg dengan HET Rp27.000/kg.

Khofifah juga ikut membagikan telur kepada ibu hamil yang membawa anak kecil. Masing-masing dari mereka mendapat telur 1 kg dan pada kesempatan yang sama, Khofifah juga ikut menyerahkan zakat produktif berupa uang Rp500.000 dan sembako kepada 100 pelaku usaha ultra mikro.

Sebanyak 25 stan bazar UMKM juga turut memeriahkan jalan sehat yang menjual berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan dan minuman kerajinan tangan, batik, produk eco-print serta berbagai produk oleh-oleh khas Jember.

Beberapa stan dari masing-masing kabupaten yang ada dalam koordinasi Bakorwil V Jember seperti Jember, Situbondo, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso dan Banyuwangi juga hadir membawa produk andalan.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Khofifah di Jember dalam kegiatan jalan sehat dan Jember bisa seperti saat ini karena mendapat dukungan dari Gubernur Jatim.

"Jember bisa begini karena Ibu Gubernur. Terima kasih Ibu Khofifah, masyarakat Jember terus mendoakan Ibu terus sehat, terus sukses, dan barokah untuk kita semua," katanya.

Baca juga: Gubernur: UMKM sumbang 58,36 persen PDRB Jatim

Baca juga: Khofifah apresiasi penanaman padi Inpari 32 gunakan pupuk organik

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023