Beijing (ANTARA) - Peneliti Tiongkok telah menemukan jenis sel biologis baru yang terakumulasi di sumsum tulang belakang manusia dan primata lainnya dan mendorong proses penuaan sumsum tulang belakang, menurut Institut Zoologi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan Tiongkok (CAS).

"Sumsum tulang belakang merupakan bagian penting dari sistem saraf pusat, dan penting untuk berbagai aktivitas kehidupan pada manusia dan primata, namun sedikit yang diketahui tentang mekanisme penuaan sumsum tulang belakang," kata salah satu peneliti Liu Guanghui.

Sel-sel baru yang ditemukan, termasuk dalam kategori yang dikenal sebagai "mikroglia", terakumulasi di sumsum tulang belakang monyet dan manusia tua, dan mendorong proses penuaan neuron motorik.

"Temuan ini akan membantu untuk lebih memahami penuaan sumsum tulang belakang dan penyakit kronis pada populasi lansia, memberikan ide-ide baru untuk menunda penuaan sumsum tulang belakang manusia dan mencegah serta mengendalikan penyakit degeneratif," kata Zhang Weiqi, salah satu peneliti, dari Beijing Institute of Genomics di bawah CAS.

Studi ini baru-baru ini dipublikasikan secara online di jurnal Nature.

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023