Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping mengirimkan surat untuk Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) ke-6, yang resmi dibuka di Shanghai pada Minggu (5/11).

Pertama kali digelar pada 2018, pameran tahunan ini memanfaatkan kekuatan pasar China yang besar, memenuhi fungsi platformnya untuk pengadaan internasional, mendorong investasi dan pertukaran antarmasyarakat, kerja sama terbuka, serta memberikan kontribusi positif untuk menciptakan pola pembangunan baru dan mempromosikan pembangunan ekonomi dunia, kata Xi dalam suratnya.

Mencatat bahwa pemulihan ekonomi dunia kurang memiliki momentum dan membutuhkan solidaritas serta kerja sama dari semua negara, Xi mengatakan bahwa China akan senantiasa menciptakan peluang penting bagi pembangunan global.

Presiden Xi pun berjanji China akan dengan tegas memajukan keterbukaan berstandar tinggi dan terus membuat globalisasi ekonomi menjadi lebih terbuka, inklusif, seimbang, dan bermanfaat bagi semua.

Xi menambahkan bahwa dia berharap CIIE akan berfungsi lebih baik sebagai peluang untuk mendorong pola pembangunan baru yang menciptakan peluang baru bagi dunia melalui pengembangan lebih lanjut China, dan sebagai platform keterbukaan berstandar tinggi yang memungkinkan pasar China yang sangat besar untuk dibagi kepada dunia.

Xi juga mengungkapkan harapannya bahwa CIIE akan memainkan peran yang lebih besar dalam menyediakan barang dan jasa publik internasional bersama yang memfasilitasi ekonomi dunia yang terbuka serta memungkinkan dunia memperoleh manfaat dari kerja sama yang saling menguntungkan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023