Kemlu dan KBRI Kairo memfasilitasi kepulangan Bang Onim sekeluarga ke Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri memastikan keluarga Abdillah Onim, WNI yang diselamatkan dari pusat konflik Israel-Hamas di Gaza, pulang ke Indonesia.

"Kemlu dan KBRI Kairo memfasilitasi kepulangan Bang Onim sekeluarga ke Indonesia," kata  Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha melalui pesan singkat pada Senin.

Onim, ketiga anaknya yang juga WNI, serta istrinya yang berkewarganegaraan Palestina, akan tiba di Indonesia pada Senin sore dengan menggunakan penerbangan Emirates dari Kairo, Mesir.

Keluarga Abdillah Onim berhasil diungsikan dari Gaza melalui perbatasan Rafah dan dibawa ke KBRI Kairo pada Jumat (3/11).

Baca juga: Retno ungkapkan evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza belum berhasil

Sesuai aturan Mesir, warga negara asing yang dievakuasi dari Gaza hanya boleh berada di wilayah Mesir selama 3x24 jam, sebelum dipulangkan ke negara masing-masing atau dipindahkan ke negara lain.

Perbatasan Rafah, yang adalah pos perbatasan paling selatan dari Gaza dan berbatasan dengan Semenanjung Sinai di Mesir, adalah satu-satunya jalur untuk mengeluarkan warga negara asing di tengah konflik yang terus berkecamuk antara Israel dan Hamas.

Pintu Rafah juga digunakan menyalurkan bantuan bagi ribuan korban konflik di Gaza.

Baca juga: Indonesia minta Israel berhenti serang rumah sakit

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023