Bantuan yang disampaikan kepada sekolah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan di bidang pendidikan
Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) menggelar program Pertamina Energi Negeri (PEN) dengan mengajar di SD Negeri 197 Kota Palembang, Sumatra Selatan.

Area Manager Human Capital Sumbagsel Achmad Maulana di Palembang, Senin, mengatakan program tersebut sebagai wujud kepedulian pada dunia pendidikan di Indonesia, Pertamina. Program yang sudah terselenggara untuk enam kalinya ini dilaksanakan secara serentak di sejumlah kota di Indonesia, termasuk Kota Palembang.

Baca juga: Kementan maksimalkan pendidikan vokasi cetak petani muda

Ia menjelaskan, program tersebut mengusung tema Energizing Your Movement sebanyak 23 relawan dari perwira Pertamina terjun langsung untuk berbagi pengetahuan serta menebar inspirasi positif sekaligus memperkenalkan berbagai profesi di Pertamina.

“Para perwira Pertamina juga memberikan pengenalan awal tentang lini produk Pertamina kepada 87 siswa-siswi yang ada di SD Negeri 197 Palembang,” jelasnya.

Maulana mengatakan PEN 6 yang dilaksanakan di SD Negeri 197 Palembang, merupakan kegiatan sangat positif sekali terutama memberikan edukasi anak-anak SD, khususnya yang ada di Kota Palembang.

“Harapannya dari kegiatan ini semoga dapat dilaksanakan secara rutin, bergilir, dan merata di sekolah lain, agar anak-anak SD lainnya juga bisa mendapatkan manfaat yang sama,” kata dia.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan kegiatan mengajar PEN ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh para perwira Pertamina tiap tahunnya secara sukarela.

Baca juga: Jusuf Kalla tegaskan perempuan tidak boleh abaikan pendidikan

Ia menjelaskan, PEN 6 adalah salah satu bentuk bakti sosial Pertamina terhadap generasi muda penerus dan penggerak bangsa kelak. Pihaknya ingin berbagi kepada para siswa mengenai Pertamina, sehingga sejak dini para siswa sudah paham mengenai energi dan dapat menggunakan energi dengan baik.

“Selain itu, kegiatan ini juga bermanfaat bagi perwira Pertamina, untuk kembali ke masyarakat dan membagi pengetahuan dengan anak-anak,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Pertamina juga menyerahkan bantuan kepada pihak sekolah berupa bantuan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar dan souvenir penyemangat untuk para siswa dan siswi.

“Bantuan yang disampaikan kepada sekolah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan di bidang pendidikan,” tambah Nikho.

Nikho mengatakan pada akhir sesi peserta diajak untuk menuliskan cita citanya di selembar kertas dan kemudian ditempelkan di pohon impian yang sudah disiapkan.

"Semoga kegiatan PEN 6 Pertamina dapat menginspirasi para siswa, memberikan edukasi tata nilai AKHLAK (amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif) , serta memberikan semangat dalam rangka hari pahlawan dan hari anak," kata dia.

Baca juga: Rektor: KIP Kuliah skema pengentasan kemiskinan berbasis pendidikan

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023