Prestasi tersebut menunjukkan bahwa Unhas mempunyai komitmen tinggi terhadap implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Developments Goals
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil mempertahankan prestasinya dengan meraih penghargaan terbaik 2 Indonesia’s SDGS Action Awards 2023 yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas RI  dalam acara Sustainable Development Goals (SDGs) Annual Conference 2023.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc, yang diberikan oleh Menteri Bappenas Dr Suharso Monoarfa di Yogyakarta, Senin.

Baca juga: Dukung Kreativitas Anak Muda Indonesia, Pegadaian Resmikan The Gade Creative Lounge di UNHAS

Rektor Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc dalam kesempatan ini menyampaikan ungkapan terima kasih atas kolaborasi dan sinergi yang baik kepada civitas akademika yang telah memberikan dukungan atas capaian ini.

Menurutnya, prestasi tersebut menunjukkan bahwa Unhas mempunyai komitmen tinggi terhadap implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Developments Goals.

"Ini menjadi semangat bagi kita untuk terus memberikan kontribusi terbaik mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Semoga semangat ini tetap terjaga, Unhas selalu menjadi terdepan dalam mendukung berbagai program pemerintahan untuk kemaslahatan masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, ia menambahkan dengan adanya penghargaan ini, Unhas secara berkelanjutan akan melakukan evaluasi dan monitoring, khususnya dalam menghadirkan program-program yang terkait dengan SDGs ke semua unit kerja di lingkup Unhas.

Baca juga: FKM Unhas sukses gelar konferensi internasional epidemiologi

Ke depan, Rektor mengharapkan agar Unhas dapat terus mengambil bagian dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui berbagai program strategis lainnya.

Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 merupakan ajang apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan TPB/SDGs di Indonesia. Indonesia’s SDGs Action Awards 2023 kali ini mengusung tema “Air, Energi, dan Pertanian menuju Ketahanan Pangan Berkelanjutan”.

Melalui ajang penghargaan ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) RI selaku koordinator pelaksana SDGs di Indonesia berharap berbagai praktik baik yang dilakukan pemangku kepentingan dapat direplikasi lebih luas dan mendorong percepatan target pencapaian TPB/SDGs pada “Decade of Action”.

Sebelumnya, pada Indonesia’s SDGs Action Awards 2022, Unhas memperoleh penghargaan terbaik kedua kategori perguruan tinggi dalam mendukung pembangunan berkelanjutan. Tahun ini, Unhas kembali mempertahankan capaian tersebut.

Baca juga: Menko Muhadjir tinjau pembangunan masjid milik Mentan di Makassar

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023