Ramallah, Wilayah Palestina, (ANTARA News) - Presiden Palestina Mahmud Abbas pada Rabu menegaskan kembali dukungannya kepada upaya-upaya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdamaian dengan Israel.

Dalam pertemuan dengan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton di Ramallah, Abbas berbicara mengenai "komitmen Palestina untuk keberhasilan upaya Kerry menyelamatkan proses perdamaian, agar dimulai kembali pembicaraan serius yang mengarah mengakhiri pendudukan dan pembentukan satu negara Palestina merdeka dengan Jerusalem sebagai ibu kotanya".

Abbas mengatakan penghentian Israel atas "kegiatan pemukiman dan pembebasan tahanan akan berkontribusi untuk menciptakan kondisi yang memadai guna memulai pembicaraan serius ", kata kantornya seperti dikutip AFP..

Ashton juga menegaskan dukungan Uni Eropa untuk upaya AS untuk memulai kembali proses perdamaian, menurut pernyataan itu.

Pada 27 Juni, tim menteri luar negeri AS akan kembali ke Timur Tengah dengan singgah di Yordania sebelum melakukan kunjungan kelima untuk memenuhi undangan Israel dan pemimpin Palestina.

Utusan khusus Timur Tengah Tony Blair pada Rabu menyerukan Israel untuk mengambil keuntungan dari ini "jendela kesempatan" itu.

"Mari kita berharap bahwa selama beberapa pekan mendatang satu rencana dapat diletakkan di tempat di mana politik, ekonomi dan keamanan yang selaras. Dengan energi Menteri John Kerry yang fantastis dan komitmen, kita semua bekerja keras untuk mencapai hal ini," kata Blair dalam sebuah konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Presiden Israel Shimon Peres.

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013