Beijing (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping ucapkan selamat pada Konferensi Sabuk dan Jalur Sutra untuk Pertukaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).

Xi dalam suratnya menyatakan bahwa Forum Sabuk dan Jalur Sutra untuk Kerja Sama Internasional (Belt and Road Forum for International Cooperation/BRF) ketiga berhasil diselenggarakan.

Keberhasilan itu, menurut dia, mengantarkan pada tahap baru pembangunan berkualitas tinggi untuk Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra (Belt and Road Initiative/BRI), di mana kerja sama di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi bagian yang penting.

"China akan meneruskan semangat Jalur Sutra yang mengedepankan perdamaian dan kerja sama, keterbukaan dan inklusivitas, saling belajar dan saling menguntungkan ... mengimplementasikan secara penuh Rencana Aksi Kerja Sama Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi Sabuk dan Jalur Sutra, serta memajukan pertukaran inovasi iptek internasional," ujar Xi dalam surat tersebut.

Dia menambahkan bahwa China bersedia bekerja sama dengan negara-negara lain untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan inovatif, melepaskan potensi kerja sama inovasi, memperkuat kemitraan inovasi, dan mempromosikan pencapaian inovasi untuk memberi manfaat bagi masyarakat dari semua negara.

Dengan demikian, China dapat memberikan kontribusi pada pembangunan BRI berkualitas tinggi dan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Dengan mengusung tema "Bersama untuk Inovasi, Pembangunan untuk Semua" (Together for Innovation, Development for All), konferensi tersebut diselenggarakan bersama oleh Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, Akademi Ilmu Pengetahuan China, Akademi Teknik China, Asosiasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, Pemerintah Kota Chongqing, dan Pemerintah Provinsi Sichuan.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023