Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PB PSOI) Pandu Patria Sjahrir ingin menggandeng pemerintah daerah untuk menghelat ajang selancar.

Pandu dan para pegiat olahraga air menilai bahwa Indonesia memiliki spot-spot selancar yang unik dan tersebar luas dari Pulau Sumatera sampai Papua. Oleh sebab itu, penyelenggaraan ajang selancar bukan hanya dapat memberi lebih banyak peluang bagi atlet selancar lokal untuk berkompetisi, namun juga berpotensi mendongkrak perekonomian daerah.

"Saya dan para pengurus PSOI ingin berjuang bersama bapak-bapak dan ibu sekalian untuk memanfaatkan potensi besar ekonomi kelautan Indonesia," kata Pandu pada acara gala dinner World Surfing League 2023 di Jakarta, Senin malam.

"Dengan memanfaatkan potensi ini, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan daerah, dan memperkenalkan keindahan alam kepada dunia," tambahnya.

Baca juga: PSOI optimistis selancar ombak Indonesia berprestasi di Olimpiade 2024

Indonesia memang telah beberapa kali menjadi tuan rumah kompetisi selancar level internasional. Pada 2023, Kabupaten Pesisir Barat di Provinsi Lampung menjadi tuan rumah World Surf League (WSL) Krui Pro Qualified Series 5000, sedangkan Kabupaten Nias Selatan merupakan tuan rumah ajang World Surf League (WSL) Nias Pro QS5000.

Berdasarkan agenda WSL, Indonesia masih menjadi tuan rumah kompetisi selancar yakni Manokwari Pro Junior dan Manokwari Pro pada 29 November sampai 3 Desember 2023.

Sekretaris Jenderal PB PSOI Tipi Jabrik Noventin (kiri) memberi paparan pada acara gala dinner World Surfing League 2023 di Jakarta, Senin (6/11/2023). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
  Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PSOI Tipi Jabrik Noventin memaparkan bahwa selancar sangat berpotensi menghasilkan pemasukan ekonomi bagi daerah yang dikunjungi para peselancar.

Sebagai gambaran, Tipi menyebut tingkat kedatangan peselancar dapat mencapai 26.000 orang, dengan rata-rata masa tinggal adalah sembilan hari.

"Jadi mereka investasinya rata-rata sebesar 700 dolar (Amerika). Kalau kami kalkulasi dapat memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap kedatangan wisatawan asing," ujar Tipi.

Baca juga: Peselancar Indonesia raih juara kelas Junior Men's Krui Pro 2023

Dalam kesempatan itu, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menyatakan daerahnya menyambut ajang selancar level internasional, namun terdapat beberapa kendala yang harus diatasi bersama.

"Salah satu kendala pariwisata di Nias itu seperti tidak menjadi minat pelaku wisata, karena tidak ada penerbangan dari Jakarta ke Nias. Kami masih memakai transit di Medan," ujar Amizaro.

"Melalui PSOI ini kami rekomendasikan bagaimana kalau ada penerbangan dari Jakarta langsung ke Nias. Bandaranya sudah ada," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal. Agus menyatakan bahwa kabupaten yang dipimpinnya itu mendapat banyak sorotan positif setelah berlangsungnya ajang WSL Krui Pro, namun ketiadaan maskapai penerbangan membuat para pegiat selancar sulit mendatangi wilayah tersebut.

Baca juga: Disbudparekraf manfaatkan WSL Nias Pro 2023 untuk promosi wisata Sumut
Baca juga: Disbudpar: Agenda selancar internasional bangkitkan wisata Nias Utara


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023