Jakarta (ANTARA News) - Konferensi Asia tentang Kelautan, Ketahanan Pangan, dan Pertumbuhan Biru (ACOFB) yang digelar di Indonesia pada 18-20 Juni 2013 menelorkan tujuh strategi yang akan menjadi kesepakatan negara-negara perserta.

"ACOFB 2013 di Bali merekomendasikan tujuh strategi yang telah disepakati," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut Hutagalung, Kamis.

Ia memaparkan bahwa tujuh strategi itu, antara lain tindakan terkoordinasi untuk meningkatkan investasi dan kerja sama berdasarkan pendekatan faktual untuk membuka potensi lautan.

Selain itu, strategi lainnya adalah peningkatan kerja sama regional di Asia dalam meningkatkan kapasitas dan transfer pengetahuan, kemitraan di seluruh disiplin ilmu dan lintas sektor, serta penguatan implementasi kebijakan lintas sektoral yang terintegrasi.

"Strategi lainnya adalah identifikasi sumber pendanaan untuk membiayai inisiatif, potensi laut dan pesisir untuk berkontribusi terhadap manfaat sosial dan ekonomi secara berkelanjutan dapat diwujudkan melalui pendekatan ekonomi biru serta memperkuat kerja sama melalui inisiatif yang ada," katanya.

Saut menegaskan, saat ini negara-negara di Asia menghadapi berbagai tantangan wilayah lautnya seperti kondisi kesehatan perairan laut, ketahanan pangan dan nutrisi, kemiskinan, serta perubahan iklim.

Sebagaimana diberitakan, Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelar ajang internasional di Bali pada 18-20 Juni 2013, tentang investasi di sektor kelautan dan perikanan di Indonesia.

"Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Belanda didukung Bank Dunia dan FAO menyelenggarakan Asia Conference on Oceans, Food Security and Blue Growth," kata Menteri Kelautan Sharif Cicip Sutardjo.

Menurut Sharif, ACOFB akan membahas empat topik utama antara lain pertumbuhan biru ("blue growth"), ketahanan pangan, lingkungan kelautan yang kerap berubah, dan formulasi rekomendasi "Asia Roadmap Initiatives".

Menteri Kelautan dan Perikanan mengemukakan, rekomendasi tersebut akan disampaikan pada KTT sama tetapi pada tataran global yang akan dilaksanakan di Den Haag, Belanda, 9-13 September 2013.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013