Pengabdian masyarakat adalah bukti nyata, karena manfaat dan dampak dari edukasi tentu diwujudkan melalui pengabdian masyarakat. Maka kita harus menghadirkan solusi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memacu seluruh universitas di Indonesia bekerja sama dengan unsur Pentahelix agar dapat mewujudkan dampak yang nyata kepada masyarakat.

"Agar apa yang dilakukan oleh perguruan tinggi memiliki relevansi dengan masyarakat, maka universitas harus membuka jendela komunikasi dan interaksi terhadap stakeholder luar," kata Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemendikbudristek Faiz Syuaib pada Festival Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) 2023, di Kampus UI, Depok, Selasa.

Faiz mengungkapkan konsep pembelajaran sepanjang hayat saat ini sedang digalakkan di berbagai belahan dunia. Konsep tersebut mendorong universitas sebagai lembaga pendidikan harus memiliki relevansi dengan kebutuhan di luar kampus.

Selain itu, lanjutnya, pendidikan di tingkat perguruan tinggi tidak bisa hanya mengandalkan dana formal. Untuk membantu hal tersebut kerja sama dengan unsur Pentahelix dapat menjadi salah satu solusi.

Kerja sama dengan sejumlah unsur Pentahelix, kata Faiz, diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Presiden tekankan pembangunan SDM kunci wujudkan Indonesia Emas 2045

"Sehingga dalam riset dan edukasinya, kampus harus melibatkan stakeholder yang berasal dari multi-disiplin," tambahnya.

Untuk itu Faiz menyebutkan pemerintah telah mendorong universitas di Indonesia untuk dapat melakukan kerja sama Pentahelix melalui sejumlah program, salah satunya melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Lebih lanjut ia mengatakan kerja sama Pentahelix juga dapat diaplikasikan melalui program pengabdian kepada masyarakat yang menjadi Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar program yang dilakukan sesuai dengan permasalahan yang terjadi pada masyarakat.

"Pengabdian masyarakat adalah bukti nyata, karena manfaat dan dampak dari edukasi tentu diwujudkan melalui pengabdian masyarakat. Maka kita harus menghadirkan solusi," tuturnya.

Melalui kerja sama universitas dan Pentahelix, Faiz berharap riset yang dilakukan oleh universitas dapat berguna sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat menggerakkan masyarakat menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Mahfud: Perguruan Tinggi harus berkolaborasi capai Indonesia emas
Baca juga: Bahlil tekankan peran perguruan tinggi capai Indonesia Emas 2045


 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023