Nah untuk pangan pokok lainnya, kita akan mengawasi pengusaha-pengusaha. Besok saya akan panggil seluruh pengusaha agar tidak berspekulasi di pasar,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengingatkan kalangan pengusaha untuk tidak melakukan spekulasi yang akan menimbulkan kenaikan harga komoditi pangan secara tidak terkendali dan mempengaruhi inflasi.

"Nah untuk pangan pokok lainnya, kita akan mengawasi pengusaha-pengusaha. Besok saya akan panggil seluruh pengusaha agar tidak berspekulasi di pasar untuk memanfaatkan momentum atau momen kemungkinan kapan dinaikkan harga BBM ini, dan tentunya aktivitas penimbunan akan kita (beri-red) sanksi," kata Gita Wirjawan di Kantor Presiden Jakarta, Kamis.

Mendag mengatakan sanksi juga akan diberikan pada importir yang merugikan masyarakat.

"Sanksi tegasnya kalau mereka importir suruh kita cabut izinnya. kalau mereka agak di luar batas wajar. Tapi insya allah-lah tidak ada seperti itu," katanya.

Gita mengakui ada pengaruh kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi terhadap transportasi komoditi, namun akan diimbangi dengan kecukupan pasokan.

"Tadi dibahas agar dampaknya tidak signifikan. Walaupun ada kemungkinan kenaikan tapi kalau jumlah pasokannya lebih banyak akan membantu menjaga stabilitas harga," paparnya.

Gita mengharapkan harga beberapa komoditi seperti daging sapi, bawang dan lainnya dapat turun seiring dengan kecukupan pasokan dan persediaan yang ada.(*)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013