Saya berharap yang dilakukan hari ini bukan hanya seremoni, tetapi Kepala OPD harus menindaklanjuti dan mensosialisasikan ke jajaran
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan kelistrikan untuk gelaran Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023.
 

PLN juga telah merampungkan persiapan kelistrikan di seluruh venue stadion Piala Dunia U-17, yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, dan Gelora Bung Tomo Surabaya.
  Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo lewat keterangan di Jakarta, Selasa, mengatakan PLN berkomitmen penuh dalam menyukseskan gelaran Piala Dunia U-17 dengan suplai listrik handal mulai dari pembangkit, transmisi, dan juga distribusi dengan sistem keamanan pasokan berlapis.
 

"Dengan sejumlah pengalaman yang telah digarap oleh PLN seperti G20, KTT ASEAN, dan kegiatan serupa seperti Asian Games, Kejuaraan Dunia Motorcross (MXGP) sebanyak tiga kali, Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) hingga MotoGP di Mandalika, tentunya kami bersama-sama telah siap menjaga suplai FIFA World Cup U-17 dengan pasokan listrik yang handal dan tetap memperhatikan keselamatan kerja bagi teman-teman di lapangan," kata Darmawan saat menggelar Apel Siaga Kelistrikan Piala Dunia U-17 di Gedung PLN, Jakarta, Senin (6/11) secara daring.

Untuk menopang sistem kelistrikan tanpa kedip atau zero down time (ZDT) pada venue utama maupun pendukung, PLN menyiapkan 19 unit gardu bergerak (UGB), 31 uninterrutible power supply (UPS), dan 25 genset.
  Darmawan memastikan kondisi sistem kelistrikan Jawa-Bali saat ini juga dalam kondisi aman dengan pasokan sebesar 43.348 megawatt (MW) dan beban puncak tertinggi 31.081 MW sehingga terdapat cadangan daya sekitar 12.267 MW.
 

"PLN telah melakukan 36 program aksi kekuatan keandalan pasokan kelistrikan dari lini pembangkitan, operasi sistem, transmisi distribusi, dan infrastruktur pendukungnya untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 ini telah selesai 100 persen," ujar dia.

PLN juga menyiagakan 1.126 personel di semua lini guna mengawal sistem kelistrikan tanpa kedip selama Piala Dunia U-17.

"PLN telah menyiapkan sebanyak 1.126 personel, yang tersebar di seluruh venue dan unit dan juga sudah didukung oleh stakeholder atau instansi pengamanan sekitar serta TNI/Polri," kata Darmawan.
  Secara khusus, PLN juga mempersiapkan tim siaga dalam Piala Dunia U-17 guna memastikan kehandalan sistem kelistrikan di sejumlah unit.

Tim siaga Piala Dunia U-17 itu merupakan kolaborasi antara PLN beserta subholding dan anak perusahaan mulai dari pembangkitan energi primer, operasi sistem, fungsi transmisi, fungsi distribusi, fungsi ritel serta fungsi dukungan dari IT dan komunikasi serta pengamanan dan kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

"Jadi, saya melihat tim kami jadi semakin lebih siap, tim kami juga semakin kompak dan sangat solid," ujar Darmawan.

Baca juga: PLN terus akselerasi penerapan "smart meter" AMI untuk layanan optimal

Baca juga: Tips agar warga aman memakai listrik selama musim hujan

Baca juga: PLN dukung IKN jadi kota hijau berbasis EBT

Baca juga: PLN Banten kembali akuisisi pembangkit listrik PT Indah Kiat 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023