Lewat program ini, Pertamina berusaha memberikan dukungan kepada Sekolah Adiwiyata yang merupakan sekolah yang menerapkan hidup peduli lingkungan untuk bersama terus melakukan inovasi untuk upaya pelestarian lingkungan,
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Sekolah Energi Berdikari menggaet generasi muda untuk terlibat dalam gerakan konservasi energi dengan memitigasi perubahan iklim sejak dini.

“Lewat program ini, Pertamina berusaha memberikan dukungan kepada Sekolah Adiwiyata yang merupakan sekolah yang menerapkan hidup peduli lingkungan untuk bersama terus melakukan inovasi untuk upaya pelestarian lingkungan,” kata VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso di Jakarta, Selasa.

Fadjar menuturkan program menjaga lingkungan yang melibatkan siswa SMK Merdeka Bandung itu terdiri atas serangkaian kegiatan yang mendukung generasi muda untuk lebih peduli pada lingkungan. Mulai dari penanaman pohon, pemanfaatan sampah menjadi barang yang bernilai jual ,dan juga pembelajaran pemanfaatan energi bersih untuk inovasi lingkungan di Sekolah.

Baca juga: Pertamina dinilai konsisten membina UMKM lewat ajang SMEXPO 2023

Pertamina juga mengajak para Perwira Muda Pertamina dan Mahasiswa Sobat Bumi untuk mengambil peran memberikan kampanye dan berbagi ilmu kepada para siswa. Harapannya, ke depan para siswa juga bisa mengimplementasikan campaign dan aksi sobat bumi Pertamina.

“Kami melalui program ini mendorong semangat untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih bersih dan sehat dan mendorong generasi muda untuk menciptakan beragam inovasi melalui implementasi energi terbarukan di Sekolah” ujar Fadjar.

Senada, Ketua Yayasan Pendidikan Wahidin Bandung Maman Suryaman menuturkan Pertamina sangat tepat memilih SMK Merdeka Bandung untuk mengimplementasikan kampanye lingkungan karena sekolah memiliki unit kegiatan siswa yang memiliki talenta yang peduli terhadap lingkungan.

“Harapannya dengan bantuan penerapan Energi Bersih PLTS dari Pertamina ini, bisa mengembangkan bakat dan inovasi para siswa” ujar Maman.

Baca juga: Presiden Jokowi Groundbreaking Pembangunan PLTS PLN 50 MW di IKN Nusantara, Hadirkan 100% Energi Bersih

Implementasi program konservasi energi tersebut juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam pengimplementasian Environmental, Social, and Governance (ESG) serta Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas, poin 7 yaitu energi bersih dan terjangkau, dan poin 13 penanggulangan perubahan iklim.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023