“Mereka juga yang membantu Polri dalam menciptakan kamtibmas. Apalagi saat ini menjelang Pemilu, ini diperlukan peran tokoh-tokoh untuk mendinginkan situasi yang saat ini mungkin bisa naik turun,”
Jakarta (ANTARA) - Biro SDM Polri menggelar Rapat Koordinasi Pembina Fungsi (Rakorbin) tahun 2023, salah satu rangkaian kegiatannya pemberian penghargaan berupa Pin Emas Kapolri kepada sejumlah tokoh agama di Tanah Air.

Pin Emas Kapolri disematkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo didamping Asisten Kapolri Bidang SDM (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo, dihadiri pula pejabat utama Mabes Polri dalam acara Rakorbin SDM Polri.

Sejumlah tokoh agama penerima Pin Emas Kapolri, yakni Prof KH Nazaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal, Pasto Pelayanan Umat Katolik RD David Lerebulan, Pendeta Gereja Kristen Indonesia Woro Indyas Tobing M.TH, Ketua Umum Pengurus Harian Parisada Hindu Mayjen TNI (P) Wisnu Bawa Tenaya, Bhikkhu Dhammasubho Mahathera Sangha Theravada Indonesia, Dewan Roahniawan Majelis Tinggi Agama Konghucu W.S Sunarta Hidayat.

Pin Emas Kapolri juga diberikan kepada Prof Anis Mashdurohatun, Muhammad Ngazis, dan Sunardi atas kontribusinya dalam peningkatan kapasita anggota Polri.

Kepala Biro As SDM Polri Brigjen Pol. Kristiyono mengatakan pemberian Pin Emas Kapolri kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat tersebut terkait dengan kontribusi yang telah dilakukan dalam rangka memajukan institusi Pori.

“Mereka juga yang membantu Polri dalam menciptakan kamtibmas. Apalagi saat ini menjelang Pemilu, ini diperlukan peran tokoh-tokoh untuk mendinginkan situasi yang saat ini mungkin bisa naik turun,” kata Kristiyono.

Jenderal polisi bintang satu itu menambahkan, Polri tidak dapat bekerja sendiri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas), membutuhkan kerja sama dari semua pihak, termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Tentunya Polri tidak bisa bekerja sendiri, harus melibatkan keterlibatan seluruh komponen di masyarakat kita,” ujarnya.

Pin Emas Kapolri merupakan bentuk apresiasi Polri kepada seseorang yang dinilai layak. Sebab pemberian Pin Emas Kapolri ini melalui dewan kehormatan dan serangkaian tahapan pemilihan sesuai syarat yang ditetapkan.

Selain tokoh agama dan tokoh masyarakat, penghargaan Pin Emas Kapolri juga diberikan kepada empat personel Polri yang berjasa dalam memanjukan institusi Korps Bhayangkara.

Keempat penerima Pin Emas Kapolri tersebut, yakni Kanit Subditrenakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Hasiati Lawole, Banit Binmas Polsek Bunguran Timur Polres Natuna Polda Kepri Brigpol Mudiyanto, PS Kanitsamapta Polsek Lasiolat Polres Belum Polda NTT Bripka Nasrul Ikhawan Ninong dan Paur Subbagevadasi Bagdiklat Pusdik Intel Lemdiklat Polri Iptu Iman Hermawan.

Sementara itu, Rakorbin SDM dan PNS Polri merupakan agenda rutin sebagai sarana untuk mengevaluasi kinerja dari fungsi SDM Polri baik itu di tingkat Mabes Polri maupun polda jajaran. Dengan harapan program yang menjadi target ke depan bisa berjalan degan baik.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023