Jakarta (ANTARA) - Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polri dalam Rapat Koordinasi Pembina Fungsi (Rakorbin) 2023 di Jakarta, Selasa, membekali sejumlah personel Korps Bhayangkara yang akan memasuki masa pensiun dengan ilmu wirausaha.

Sebanyak 57 stand UMKM dan pelaku usaha dihadirkan dalam kegiatan Rakorbin SDM Polri bertajuk Presisi Prenuer Expo, menampilkan berbagai produk serta strategis usaha yang dijalankan hingga mendapatkan omzet yang signifikan.

“Jadi Rakorbin ini mengevaluasi semua fungsi di SDM, baik dari rekrutmen, pengadaan, kemudian pendidikan latihan, pembinaan karir maupun perawatan dan pengakhiran sampai pensiun. Maka pada akhir kegiatan preneur presisi,” kata Kepala Biro As SDM Polri Brigjen Pol. Kristiyono di sela-sela Rakorbin SDM Polri di Jakarta, Selasa.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, Presisi Preneur Expo tersebut bertujuan untuk memberikan alternatif karir kepada personel Polri setelah habis masa tugasnya (purnabhakti).

“Pensiun bisa untuk menjadi wirausaha tentunya kami bekerja sama dengan salah satu bank BUMN,” katanya.

Menurut Kristiyono, ada sekitar 2.500 personel Polri yang akan memasuki masa purna tugas sampai 2025 nanti.

“Untuk tahun ini yang masa pensiun dua tahun ya menjelang pensiun, itu sekitar 2.500 orang,” katanya.

Kristiyono mengatakan dalam kegiatan SDM sebelumnya selalu melibatkan UMKM sebagai langkah nyata Polri dalam membantu memajukan UMKM di Tanah Air. Selain itu juga menjadi bentuk pelatihan keterampilan menjelang masa pensiun personel Polri.

“Jadi anggota yang menjelang masa pensiun yang sekarang empat tahun sebelum pensiun diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan keterampilan,” katanya.
Dalam pelatihan tersebut, SDM Polri bekerja sama dengan salah satu bank BUMN untuk memberikan wawasan serta pandangan bagaimana berwirausaha.

“Baik itu tentang wirausaha, bisa juga peternakan dan UMKM lainnya,” kata Kristiyono.

Kegiatan Rakorbin SDM dan PNS Polri 2023 tersebut dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan para pejabat utama Polri, seperti Kabareskrim, Kadiv Propam Polri, Kabaharkam dan Asops Kapolri dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo berkesempatan meninjau dan berdialog dengan sejumlah stand UMKM. Salah satunya Warteg Karisma Bahari. Dalam sehari, Warteg Karisma Bahari mendapatkan omzet Rp200 juta.

Baca juga: Polri akan koordinasikan terkait alih status di UU ASN baru

Baca juga: Rakorbim SDM Polri anugerahkan Pin Emas Kapolri kepada tokoh agama


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023