Beijing (ANTARA) - Produk domestik bruto (PDB) riil China diproyeksikan tumbuh sebesar 5,4 persen pada 2023, menurut pernyataan Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa.

"Perekonomian China berada pada jalur yang tepat untuk memenuhi target pertumbuhan pemerintah tahun 2023, yang mencerminkan pemulihan kuat pasca-COVID," kata pernyataan yang disampaikan oleh Deputi Direktur Pelaksana Pertama IMF Gita Gopinath usai melakukan kunjungan ke China.

Sebuah tim IMF, yang dipimpin oleh Kepala Misi IMF untuk China Sonali Jain-Chandra, mengunjungi China dari 26 Oktober hingga 7 November untuk melakukan sejumlah diskusi.

Tim misi tersebut menggelar berbagai diskusi yang konstruktif dengan para pejabat senior pemerintah China, People's Bank of China, perwakilan sektor swasta, dan akademisi untuk bertukar pandangan perihal prospek dan risiko perekonomian, kemajuan dan tantangan reformasi, serta respons kebijakan.

Gopinath turut berpartisipasi dalam sejumlah diskusi kebijakan, dan ia mengeluarkan pernyataan tentang pertumbuhan PDB China itu pada akhir kunjungannya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023