Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) melanjutkan program vaksinasi rabies gratis di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Komplek TNI Angkatan Laut, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Selasa.
 
Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas KPKP Kecamatan Cilandak Lina Herlina dalam keterangan tertulis, mengatakan vaksinasi secara gratis ini ditujukan untuk hewan penular rabies (HPR) peliharaan milik warga seperti kucing, anjing, kera dan musang.

"Selain vaksinasi, juga untuk pengendalian penyakit rabies lainnya dan menindaklanjuti laporan warga," ujar Lina. 

Lina mengungkapkan vaksinasi yang dilakukan pada Selasa ini menyasar 109 hewan penular rabies.

Rinciannya, kucing sebanyak 99 ekor dan anjing 10 ekor.

Baca juga: Pemkot Jaksel tuntaskan vaksinasi rabies di Kebayoran Baru

Lina pun mengungkapkan beberapa syarat untuk HPR yang akan divaksin.
 
"Hewan yang kami vaksinasi itu tidak boleh dalam keadaan bunting atau sedang menyusui dan minimal usianya sudah empat bulan. Kegiatan vaksinasi ini juga untuk mempertahankan Kota Jakarta bebas rabies," ujar Lina.

Selain di Cilandak, vaksinasi untuk HPR juga dilakukan di Kantor Kelurahan Pela Mampang.

Kemudian pada Rabu (8/11), kegiatan yang sama akan dilakukan di RPTA Kemandoran, Gang H. Sarmili No 5, RT 05/ RW 011, Grogol Utara dan RPTRA Pola Idaman, Gang Swadaya No 13, RT 013/ RW 01, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak.

Sehari setelahnya, vaksinasi dilakukan di Kantor Sekretariat RW 004, Kompleks Polri Pondok Karya, Jalan Bangka III A, RT 01/RW 01, Kelurahan Pela Mampang, Mampang Prapatan dan RPTRA Bango Krukut, Jalan Bango IV No 62, RT 09/ RW 03, Kelurahan Pondok Labu, Cilandak.

Baca juga: Sambut "World Rabies Day", Jaktim gelar vaksinasi rabies

Kemudian pada Kamis (9/11), giliran Kantor Kelurahan Grogol Utara di Jalan Pulo Kemandoran No 99, RT 01/ RW 011, Grogol Utara, Kebayoran Lama.

Sebelumnya, Suku Dinas KPKP Jakarta Selatan juga melakukan vaksinasi terhadap 98 ekor HPR di empat lokasi seperti Gandaria Utara, Kecamatan Kebayoran Baru pada Senin (30/11) hingga Kamis (2/11).

Program vaksinasi ini merupakan langkah preventif yang krusial dalam menjaga populasi hewan dan mencegah penularan rabies.

Dengan dukungan pemilik hewan peliharaan, Sudin KPKP Jakarta Selatan berharap dapat terus mempertahankan status bebas rabies demi kesehatan dan keselamatan masyarakat dan hewan peliharaan mereka.

Baca juga: Kematian 21 kucing di Jakarta Utara dipastikan bukan akibat rabies

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023