semoga di masa yang akan datang terus berlanjut
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng perusahaan asal Jepang, CamCom Group untuk meningkatkan dan mengembangkan program pemagangan.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemnaker dan CamCom Group di Tokyo, Jepang, Selasa.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan dengan telah ditandatanganinya MoU ini, kerja sama yang terjalin akan semakin besar dan berkembang di balai-balai pelatihan vokasi lainnya yang ada di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan perusahaan atas kerja samanya, dan semoga di masa yang akan datang terus berlanjut dengan adanya peningkatan dan pengembangan kerja sama yang saling menguntungkan," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker gelar pertemuan bisnis penyelenggara pemagangan di Jepang
Baca juga: Menaker: Peserta magang di Jepang adalah duta bangsa


Menaker juga mengatakan, prinsip dasar dari kerja sama ini sama dengan prinsip pemagangan pada umumnya, yaitu mengentaskan pengangguran di Indonesia, dan memberikan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia melalui kontribusi sumber daya manusia yang telah terlatih sebagai pemagang teknis di Jepang.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan program ini sebagai program minim biaya yang dibebankan kepada para kandidat, di mana pembiayaan dapat dilakukan secara bersama-sama sesuai kapasitas dan kewenangan masing-masing," tuturnya.

Baca juga: Menaker harap peserta magang ke Jepang mampu ciptakan berbagai inovasi
Baca juga: Ratusan pemuda Palembang ikuti tes program magang di Jepang
Baca juga: Pemerintah memberangkatkan 2.000 peserta magang ke Jepang

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023