Dortmund berada di pucuk dengan tujuh poin, sedangkan Newcastle tertahan di posisi ketiga dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA
Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund naik ke puncak klasemen Grup F Liga Champions setelah menang 2-0 atas tamunya Newcastle United, pada pertandingan yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Dortmund berada di pucuk dengan tujuh poin, sedangkan Newcastle tertahan di posisi ketiga dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Fans PSG ditusuk di Milan jelang pertandingan Liga Champions

Namun posisi Dortmund berpeluang segera direbut PSG, yang baru akan bermain menjamu AC Milan beberapa jam setelahnya.

Tuan rumah Dortmund yang menelan kekalahan 0-4 dari seteru abadinya Bayern Munich pada pertandingan terakhir yang mereka mainkan sebelum laga ini, mencoba menggebrak sejak awal. Karim Adeyemi mengirimkan umpan yang diteruskan sepakan melambung Julian Brandt dari tepi kotak penalti.

Peluang berikutnya kembali menjadi milik Dortmund. Mereka membongkar pertahanan Newcastle dan Niclas Fuellkrug menjadi penyelesai serangan saat sepakannya ditahan kiper Nick Pope.

Pope kembali menjadi penyelamat Newcastle beberapa saat kemudian. Kali ini ia menahan tembakan keras Adeyemi dari sisi kanan.

Kegigihan Pope akhirnya terpatahkan saat Dortmund memecah kebuntuan pada menit ke-26. Fullkrug meneruskan bola operan dengan sundulan kepala tertuju kepada Marcel Sabitzer, yang bergerak memotong sebelum mengirimkan umpan yang diselesaikan dengan sempurna oleh Fuellkrug dari jarak dekat.

Baca juga: Xavi senang Barcelona sapu bersih tiga laga di Liga Champions

Keunggulan 1-0 untuk Dortmund bertahan sampai turun minum.

Pada awal babak kedua, Newcastle berupaya lebih meningkatkan serangannya. Valentino Livramento menyambar umpan silang yang masih dapat dibendung kiper Gregor Kobel, sedangkan sepakan Almiron melebar.

Saat Newcastle berusaha mencetak gol penyama kedudukan, justru Dortmund yang menggandakan keunggulan pada menit ke-79. Diawali bola tendangan bebas Newcastle, bola justru jatuh ke penguasan Adeyemi yang kemudian mengirim umpan panjang kepada Brandt. Brandt hanya perlu berhadapan dengan Livramento, sebelum kemudian melesak ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal dihentikan Pope.

Sisa jalannya pertandingan menjadi milik Dortmund, dengan Newcastle gagal memberikan ancaman nyata kepada tuan rumah. Skor 2-0 bagi keunggulan Dortmund bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Susunan pemain:​​​​​​​

Borussia Dortmund: Gregor Kobel, Niklas Sule, Mats Hummels, Nico Schlotterbeck, Julian Ryerson, Marcel Sabitzer, Salih Ozcan, Karim Adeyemi (Marco Reus 50'), Felix Nmecha, Julian Brandt, Niclas Fullkrug (Yousouffa Moukoko 87')​​​​​​​

Newcastle United: Nick Pope, Kieran Trippier, Jamaal Lascelles, Fabian Schar, Lewis Hall (Miguel Almiron 46'), Sean Longstaff, Bruno Duimaraes, Joe Wilock (Lewis Miley 80'), Valentino Livramento, Callum Wilson (Anthony Gordon 46'), Joelinton


Baca juga: FC Porto hancurkan Royal Antwerp, RB Leipzig menang atas Crvena Zvezda

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023