Seruyan (ANTARA News) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menanggapi petisi yang disampaikan oleh 6.000 lebih pengguna Internet soal perawatan binatang di Kebun Binatang Surabaya (KBS).

"Saya dapat petisi dari 6.000 orang lebih di Twitter soal KBS karena ada harimau kurus yang katanya kekurangan makanan di sana. Dimarahi orang sedunia saya," kata dia sebelum meresmikan Camp Pelepasliaran Orangutan Seluang Mas di kawasan hutan di Desa Tanjung Hanau, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Jumat.

Soal harimau betina di KBS yang katanya sekarat karena kekurangan makanan Zulkifli mengatakan, "dulu harimau itu makan daging berformalin lalu hidup di lingkungan yang tidak sehat jadi harimau itu memang sudah tidak bisa gemuk lagi. Itu kata dokter yang merawat."

"Populasi lebih, makanan jadi kurang," tambah dia.

Ia kemudian menuturkan bahwa kebun binatang itu dulu dikelola oleh pemerintah daerah, namun tidak terurus secara baik karena pengelola tidak memahami kaidah konservasi.

Keberadaan dua kelompok yang memperebutkan pengelolaan kebun binatang itu, menurut dia, juga makin membuat kegiatan perawatan hewan-hewan di kebun binatang terganggu.

Pewarta: Maryati
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013