Milan, Italia (ANTARA News) - Satu orang cedera akibat gempa dengan kekuatan 5,2 pada Skala Richter yang mengguncang bagian tengah-utara Italia pada Jumat, demikian laporan media setempat.

Gempa tersebut, yang terjadi pada pukul 12.33 waktu setempat (17.33 WIB), dirasakan di wilayah Tuscany, Emilia Romagna, Lombardy, Piedmont, Veneto dan Liguria di bagian utara negeri itu.

Pusat gempa, dengan kedalaman lima kilometer, berada di bagian Tuscany, Italia Tengah.

Guncangan dilaporkan menimbulkan kepanikan di kalangan warga di beberapa wilayah, tempat banyak orang berkerumun di jalan, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam.

Negara Laut Tengah tersebut, yang berada di tempat pertemuan Lempengan Eurasia dan Lempengan Afrika dan ditandai oleh kegiatan vulkanik dan seismic, memiliki sejarah panjang gempa bumi.

Pada Mei 2012, dua gempa dengan kekuatan besar terjadi di Italia Utara, menewaskan 26 orang dan mengakibatkan kerusakan besar, sementara pada 2009 kota kecil kuno L`Aquila diguncang gempa dengan kekuatan 5,9 pada Skala Richter --yang menewaskan lebih dari 300 orang.

(C003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013