Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta Jerman mendukung penyelesaian perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (IEU-CEPA), ketika menerima kunjungan Menteri Negara Republik Federal Jerman Tobias Lindner di Jakarta pada Rabu.

Perjanjian tersebut dinilainya penting untuk menciptakan regulasi yang disepakati bersama oleh Indonesia dan EU dalam persaingan dagang di pasar Eropa.

Selain itu, IEU-CEPA juga berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta dapat menciptakan kesempatan bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

“Saya berpandangan bahwa kerja sama ini sudah on the right track, terutama pada bidang transisi energi, lingkungan hidup, hilirisasi, dan mobil listrik,” ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis Kantor Staf Presiden.

Dalam pertemuan dengan Lindner, Moeldoko turut mengapresiasi perkembangan positif dalam hubungan diplomatik Indonesia-Jerman yang sudah terbangun selama 71 tahun.

Di bidang investasi, Moeldoko menyambut baik investasi Jerman di Indonesia yang difokuskan pada sektor prioritas seperti industri yang berkaitan dengan ekspor hingga ekosistem industri kendaraan listrik (EV)—terutama pada komoditas mineral strategis yang berpotensi besar menarik investasi.

Demand dan supply untuk kendaraan listrik masih tidak seimbang, tentunya ini bisa jadi kesempatan baik untuk investasi Jerman di Indonesia,” ujar dia.

Jerman merupakan investor Eropa terbesar ketiga bagi Indonesia, dengan nilai investasi mencapai 117.820,2 juta dolar AS pada 2023 untuk 1.156 proyek.

“Menandai 71 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jerman, dapat terlihat kita membuka berbagai potensi kerja sama yang baik, terutama agar dapat meningkatkan produktivitas dalam negeri dan sumber daya manusianya,” tutur Moeldoko.

Menteri Negara Republik Federal Jerman Tobias Lindner menjelaskan bahwa kunjungannya ke Jakarta menunjukkan komitmen Jerman untuk bekerja sama dengan Indonesia, terutama di bidang pembangunan berkelanjutan.

Menurut dia, dukungan dari kedua belah pihak menjadi modal utama dalam memperkuat relasi yang telah terbangun secara konstruktif dan berlandaskan persamaan nilai-nilai fundamental yang dimiliki kedua negara.

“Kami menjamin bahwa kita memiliki kepentingan yang sama dan kami senang bekerja sama dengan Indonesia. Untuk IEU-CEPA akan kami lihat seperti apa dukungan yang bisa kami berikan untuk Indonesia. Tentunya kunjungan pertama kami ini tidak akan menjadi kunjungan yang terakhir,” kata Lindner.

Baca juga: Pemerintah galang dukungan dari Jerman untuk proses masuk OECD
Baca juga: Tesla dikabarkan akan bangun mobil seharga Rp415 juta di pabrik Jerman
Baca juga: Moeldoko: RI jadi negara berpendapatan menengah ke atas di era Jokowi

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023