Di Provinsi Lampung ini investor pasar modal dikuasai oleh generasi milenial, yang usianya rata-rata di bawah 30 tahun.
Bandarlampung (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Lampung menyatakan bahwa sebanyak 68 persen investor saham di daerahnya merupakan generasi milenial.

"Di Provinsi Lampung ini investor pasar modal dikuasai oleh generasi milenial, yang usianya rata-rata di bawah 30 tahun," ujar Kepala BEI Perwakilan Lampung Hendi Prayogi di Bandarlampung, Rabu.

Ia menjelaskan dari total investor pasar modal di Provinsi Lampung sebanyak 282 ribu orang, sebanyak 101 ribu orang di antaranya merupakan investor saham.

"Dari total 101 ribu orang investor saham di Lampung sekitar 68 persen atau 68.680 orang merupakan investor dengan usia 18-30 tahun atau generasi milenial," katanya.

Baca juga: BEI ingin anak muda ikut nikmati pertumbuhan pasar modal

Dia melanjutkan banyaknya generasi milenial yang menjadi investor saham di daerahnya terjadi akibat banyaknya kegiatan edukasi di sekolah serta perguruan tinggi.

"Edukasi sekitar 60-70 persen paling sering ada di sekolah dan perguruan tinggi, sebab siswa SMA ini calon investor potensial untuk pasar modal terutama produk saham," ucapnya.

Menurut dia untuk meningkatkan minat generasi milenial menjadi investor pasar modal termasuk produk saham, pihaknya telah menyediakan galeri investasi di sekolah dan perguruan tinggi.

"Galeri investasi atau galeri edukasi ini ada di SMAN 6 dan SMAN 5 Bandarlampung. Sedangkan untuk di perguruan tinggi ada 10 yang tersebar di berbagai kampus di Kota Bandarlampung, Metro, Kabupaten Pringsewu, dan Lampung Timur," tambahnya.

Baca juga: BEI tingkatkan literasi pasar modal syariah mahasiswa di Jambi

Ia mengatakan banyak kemudahan yang diberikan bagi generasi milenial untuk menjadi investor saham.Mereka  hanya perlu membawa persyaratan berupa kartu tanda penduduk serta NPWP bila memiliki.

"Tidak ada deposit awal hanya perlu dana Rp50 ribu-Rp100 ribu untuk membeli saham. Kalau ingin menjadi investor saham hanya perlu memenuhi dua persyaratan tadi dan datang ke tujuh perusahaan sekuritas yang ada di Lampung untuk membuka rekening saham," kata dia lagi.

Dia mengharapkan dengan makin banyaknya edukasi serta sosialisasi kepada generasi muda diharapkan makin banyak investor milenial yang masuk bursa saham.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023