Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mulai meninjau kembali lokasi pembangunan jalan Ring Road (R2) di Kecamatan Bogor Utara untuk menghubungkan wilayah kota hingga ke Sentul City.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Kota Bogor, Rabu, mengatakan bahwa peninjauan secara berkala lokasi jalan R2 dilakukan dari simpang Olympic, SBY Center tembus hingga ke Sentul City.

Tahapan dalam proses pembangunan jalan R2 sedang dikaji untuk masuk ke dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Bogor lima tahunan yang mulai disusun untuk periode 2024-2029.

"Peninjauan lokasi lahan sudah dilakukan kembali kemarin bersama tim Dinas PUPR. Tahapan pembangunannya sedang dirancang juga," kata Syarifah.

Syarifah menjelaskan proyek pembangunan jalan R2 untuk pengembangan tiga wilayah, pertama di kawasan Olympic, Kecamatan Bogor Utara ada sekitar 30 hektare untuk pengembangan menjadi kawasan baru, kawasan SBY Center bisa gabung dengan kawasan Sentul dikembangkan jadi kawasan baru juga dan kemudian di wilayah Kecamatan Bogor Selatan Bogor Inner Ring Road (BIRR) di BNR.

Pengembangan wilayah dengan pembangunan akses jalan R2 bertujuan memberi akses keterhubungan satu dengan lainnya.

Panjang Jalan R2 kiri dan kanan ini sekitar 4,5 kilometer yang akan melintasi Kelurahan Cibuluh, Ciluar, Tanah Baru, dan Cimahpar.

Tujuan utama dari pengembangan wilayah ini adalah mengembangkan tingkat ekonomi warga Kota Bogor.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengatakan tinjauan ke lokasi lahan jalan arteri R2 ini merupakan tindak lanjut dari penyelesaian jembatan R2 di aliran Ciluar yang sudah selesai dibangun.

Jalan Arteri merupakan jalan yang menghubungkan secara berdaya guna antar pusat kegiatan nasional atau antara pusat kegiatan nasional dengan pusat kegiatan wilayah. Selain itu juga jalan arteri merupakan jalan yang menghubungkan kawasan primer dengan kawasan sekunder kesatu, kawasan sekunder kesatu dengan kawasan sekunder kesatu, atau kawasan sekunder kesatu dengan kawasan sekunder kedua.

Rena menjelaskan pembangunan arteri R2 akan dimulai dari titik Jalan Arteri El Centro samping Tol BORR kemudian sampai menuju Kampung Rambay hingga ke perbatasan Sukaraja Kabupaten Bogor, kemudian berputar masuk ke wilayah Kota Bogor hingga Jalan Boogie.

"Terdekat untuk Jalan R2 ini setelah jembatan yang sudah kita buat adalah perencanaanya sambil menunggu anggaran. Dan anggarannya akan kita usulkan di tahun depan," katanya.




 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023