Jakarta (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Muhammadiyah (Lazismu) terus menggalang donasi, dari baik perorangan, komunitas, organisasi maupun perusahaan, untuk membantu masyarakat Palestina.

"Yang mampu menyumbang dalam bentuk materi, silakan berdonasi," ujar Ketua Badan Pengurus Lazismu PP Muhammadiyah Ahmad Imam Mujadid Rais dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Rais mengatakan Lazismu terus mendapatkan kepercayaan dari para donatur untuk menyalurkan bantuan bagi rakyat Palestina. Setelah bantuan tahap satu dikirimkan ke jalur Gaza awal November ini.

Menurut dia tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina telah menyita perhatian seluruh dunia. Hingga saat ini, Lazismu telah menyalurkan bantuan berupa RendangMu dan Family Kit kepada rakyat Palestina.

Baca juga: PCIM Malaysia serahkan bantuan Peduli Palestina ke Lazismu Pusat

Baca juga: RI salurkan donasi dari pelaku usaha kosmetik untuk anak di Palestina


"Kita tahu bersama beberapa waktu lalu Indonesia melakukan gerakan solidaritas di Jakarta yang juga dilakukan oleh masyarakat seluruh dunia sebagai bentuk solidaritas," ujar Rais.

Terbaru, Lazismu menerima donasi dari Danone Indonesia. Donasi tersebut akan dikirimkan ke Palestina dalam paket bantuan selanjutnya.

Sementara itu, tim Muhammadiyah Aid berhasil mengirimkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia ke zona konflik Palestina-Israel. Awalnya, ada keraguan apakah bantuan tersebut akan sampai dengan selamat, mengingat situasi yang penuh risiko di wilayah tersebut.

Namun, pada Selasa (7/11) Rahmawati Husein, anggota tim Muhammadiyah Aid, mengonfirmasi keberhasilan pengiriman bantuan tersebut.

Bantuan tersebut tidak hanya berasal dari Muhammadiyah, tetapi juga disalurkan bersama Indonesian Humanitarian Alliance, yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memastikan pengiriman bantuan ke zona konflik dapat dilakukan dengan aman.

Baca juga: Menko PMK: Sikap Indonesia dukung Palestina tak akan berubah

Baca juga: Pesawat ketiga pembawa bantuan Indonesia untuk Gaza tiba di El Arish

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023