Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) siap mengamankan kejuaraan sepak bola Piala Dunia U-17 di empat kota dengan memastikan pengamanan dilakukan sesuai standar FIFA.

“Tadi kami melaksanakan 'tactical floor game' (TFC) diikuti oleh perangkat operasi tingkat pusat dan Satgas Pamwil Daerah yang tujuannya lebih mematangkan, memantapkan kesiapan Polri, dan Satgas Pamwil untuk melakukan pengamanan Piala Dunia U-17,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) DivHumas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan di Jakarta, Rabu.

Polri, kata Ramadhan, melaksanakan operasi terpusat dengan Sandi Operasi Aman Becuya 2023 untuk mengamankan kejuaran Piala Dunia U-17 yang berlangsung mulai 9 November di empat kota di Indonesia.

Operasi ini melibatkan 13.246 personel Polri yang berasal dari tingkat Mabes Polri dan empat polda. Berlangsung selama 25 hari, dimulai sejak 10 November sampai dengan 4 Desember.

“Besok (Kamis, 9 November) dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Aman Becua 2023 di empat polda, sementara pembukaan Piala Dunia U-17 dilangsungkan di Surabaya,” katanya.

Adapun keempat polda yang dimaksud, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Timur, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Barat.

Baca juga: Polda Jatim petakan titik kerawanan saat Piala Dunia U-17
Baca juga: Waketum PSSI harap dukungan masyarakat pada timnas Indonesia U-17


“Ada empat wilayah yang melaksanakan Operasi Aman Becuya, masing-masing dipimpin oleh Kasatgas Pamwil,” kata Ramadhan yang juga Wakasatgas Humas Operasi Aman Becuya 2023.

Jenderal polisi bintang satu itu menyebut Operasi Aman Becuya 2023 ini dipimpin oleh Kabareskrim Komjen Pol. Wahyu Widada sebaga Kepala Satgas Operasi (Kasatgasops). Sedangkan di tingkat polda dipimpin oleh masing-masing kapolda selaku kasatgaspamwil.

Menurut Ramadhan, pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri sesuai dengan standar FIFA, seperti pengamanan di dalam stadion tidak ada personel berseragam, termasuk tidak ada penggunaan gas air mata.

“Di dalam stadion tidak ada anggota Polri berseragam, ada beberapa anggota berkostum steward, yang tentu cara bertindak sudah standar FIFA. Artinya peristiwa yang tidak kita inginkan tidak terulang lagi,” kata Ramadhan.

FIFA World Cup U-17 dipertandingkan di empat kota, yaitu Jakarta, Solo, Bandung, dan Surabaya. Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Untuk upacara pembukaan Piala Dunia U-17 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Kota Surabaya pada 10 November. Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya juga menjadi "home base" bagi Tim Nasional (Timnas) U-17 Indonesia di babak penyisihan Grup A.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, tiga stadion lainnya yang menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 antara lain Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Manahan (Solo).

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023