Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan menilai Satgas Damai Cartenz yang berhasil menjalankan tugas di Provinsi Papua layak mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jenderal Polisi Listro Sigit Prabowo.

"Kapolri telah menerapkan 'reward' atau hadiah kepada setiap anggota Polri yang sudah bekerja baik dan memberikan pengabdian terbaik di tengah masyarakat," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, kepedulian Kapolri dengan memberikan penghargaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dan pin emas kepada personel Satgas Damai Cartenz layak diapresiasi.

Dia mengatakan, Satgas Damai Cartenz berhasil mengamankan wilayah Kabupaten Yahukimo dan Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, sehingga masyarakat setempat bisa beraktivitas normal.

"Satgas ini sudah menjalankan tugas dan memberi pengabdian yang luar biasa di Yakuhimo dan Pegunungan Bintang yang selama ini rawan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat," katanya.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz tangkap tiga KNPB diduga bunuh aktivis perempuan

Berkat pengamanan yang diberikan, pembangunan di kedua kabupaten itu berjalan lancar dan masyarakat setempat merasakan kehadiran Polri yang telah hadir memberikan rasa aman.

"Kami melihat Polri telah hadir dalam tugasnya sebagai pelayan, pelindung dan pengayom untuk masyarakat," kata dosen Pascasarjana 
Universitas Bhayangkara Jakarta itu.

Selain mampu menciptakan rasa aman dan mengawal pembangunan, Satgas Damai Cartenz menangkap dan menembak mati sejumlah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan menyita sejumlah senjata api.

Baca juga: Satgas Damai Cartenz: tiga anggota KKB ditangkap di Tanah Papua

Kapolri Jenderal Polisi Listro Sigit Prabowo 
telah memberikan penghargaan kepada 103 personel Satgas Damai Cartenz 2023 di Jakarta, Selasa (7/11).

Dari jumlah itu, 47 orang mendapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB), 52 orang mendapat pin emas, dua personel mendapat promosi jabatan, satu personel mendapat kesempatan menempuh pendidikan di Sekolah Staf Pimpinan Menengah (Sespimmen) dan satu personel mendapat tiket sekolah bintara.

"Tentunya penghargaan ini dari institusi untuk kalian semua yang telah bekerja keras. Kami tahu bahwa tugas kalian tidak mudah di sana. Kalian mendapatkan tugas untuk betul-betul bisa mengawal proses pembangunan yang dilaksanakan di Papua," kata Sigit.

Dia mengatakan, personel TNI-Polri harus berada di garis terdepan untuk mengawal seluruh program pemerintah dalam rangka pemerataan pembangunan khususnya di wilayah Papua.
Baca juga: Kapolri beri penghargaan 103 pesonel Satgas Damai Cartenz

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023