Mudah-mudahan dalam situasi sulit, BLSM dapat membantu ibu dan bapak serta supaya kita bisa lebih baik lagi mendatang. Kalaupun ada kekurangan kita bisa memonitor dan perbaiki lagi.
Jakarta (ANTARA News) - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi resmi diputuskan Jumat malam oleh pemerintah, karena itu Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) segera dilaksanakan sesuai dengan program pemerintah.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyalurkan BLSM kepada masyarakat di Kantor Pos cabang Tegal Alur, Kamal, Jakarta Barat pada pukul 09.15 hingga 10.00 WIB, Sabtu.

"Saya diminta oleh atasan saya (Presiden SBY) untuk menyaksikan kelancaran penyaluran BLSM ini. Mudah-mudahan dalam situasi sulit, BLSM dapat membantu ibu dan bapak serta supaya kita bisa lebih baik lagi mendatang. Kalaupun ada kekurangan kita bisa memonitor dan perbaiki lagi," ujar MS Hidayat di sela-sela penyaluran BLSM Kantor Pos cabang Tegal Alur, Kamal, Jakarta Barat.

Menurut dia, ada 15,5 juta masyarakat miskin di seluruh Indonesia dan pemerintah memikirkan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah itu.

"Dengan kenaikan harga BBM, maka diperkirakan akan ada kenaikan inflasi sebesar 7,5 persen, maka diputuskan untuk menyalurkan BLSM sebesar Rp150 ribu selama empat bulan ke depan," katanya.

Ia berharap dengan penyaluran BLSM di PT Pos Indonesia pendistribusian dana kompensasi tersebut berjalan lancar dan dapat di sasar kepada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah.

"Distribusi yang menarik adalah 15,5 juta masyarakat miskin itu dilakukan oleh PT Pos Indonesia di mana mempunyai jaringan yang kuat sehingga yang berhak dapat di sasar dengan baik," ujarnya.

Runun (54), warga Tegal Alur, yang ditemui mengatakan merasa senang menerima dana bantuan dari pemerintah karena dapat membantu kehidupannya sehari-hari

"Merasa senang dapat BLSM ini, semoga bisa membantu kehidupan keluarga saya yang pas-pasan," kata Runun, yang bekerja sehari-hari sebagai penarik becak tersebut.

Karti (50), Ibu Rumah Tangga, berharap penyaluran BLSM dapat terus diadakan dan semoga distribusi ini dapat berjalan lancar.

"Mudah-mudahan terus diadakan dan bisa bermanfaat dan penyalurannya lancar dan baik," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pos cabang Tegal Alur, Kamal, Jakarta Barat Zulkifli mengatakan agar penyaluran BLSM berjalan dengan baik maka ditugaskan 10 orang dalam operasionalnya.

"Petugas untuk verifikasi ada tiga orang. Pembayaran loket ada empat orang, dan Layanan terkait ada 3 orang serta bantuan 4 orang baik dari polsek dan kelurahan setempat," katanya.

Menurut dia, untuk Kantor Pos cabang Tegal Alur Total total penyaluran BLSM sekitar 5.612 kartu perlindungan sosial (KPS). Kelurahan Tegal Alur sebanyak 2.944 KPS dan Kelurahan Kamal 2.668 KPS.

"Kelurahan Tegal Alur sebanyak 2.944 KPS dan sisanya kelurahan kamal 2.668 KPS. Daerah sini, paling padat karena nelayan kehidupan ekonominya menengah ke bawah," katanya.

(A063)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013