merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo (M) 5,0 pada Rabu pukul 19.04.32 WIB wilayah Pantai Utara Sarmi, Papua, memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, melaporkan episenter gempa terletak pada koordinat 1,69° LS ; 139,20° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 53 kilometer (km) arah timur laut Sarmi, Papua pada kedalaman 17 km.

Gempa tersebut memiliki parameter update dengan magnitudo M4,8.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ujar dia.

Baca juga: Gempa magnitudo 5,5 guncang wilayah Sarmi di Papua
Baca juga: Gempa M 5,0 guncang Papua akibat aktivitas Sesar Anjak Mamberamo


Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap) gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Sarmi dengan skala intensitas III - IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 19.27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Baca juga: BMKG catat 12 kali gempa susulan usai gempa magnitudo 7,2 di Maluku 
Baca juga: BMKG: Gempa lagi di Tanimbar Maluku malam ini, magnitudo 6,8
Baca juga: BNPB: Gempa magnitudo 7,2 di Tanimbar Maluku dirasakan selama 3 menit

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023