Hasil monitoring BMKG untuk gempa bumi Laut Banda M7,2 pukul 11:52:53 hingga pukul 20:50:00 menunjukkan adanya 23 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ) dengan magnitudo terbesar 6,8
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa susulan dengan magnitudo 6,7 di Laut Banda, Maluku, Rabu, pukul 20.02 terjadi setelah gempa utama dengan kekuatan magnitudo 7,2 pada Rabu pukul 11.52 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,21 derajat Lintang Selatan (LS) : 129,98 derajat Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 244 Km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku pada kedalaman 40 km.

"Gempa ini merupakan gempa bumi susulan pasca-gempa bumi Laut Banda M7,2 pada pukul 11:52:53 WIB," ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata dia, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan (kerak bumi) di dasar Laut Banda. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip ).

Baca juga: BMKG: Gempa lagi di Tanimbar Maluku malam ini, magnitudo 6,8

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Banda dan Saumlaki dengan skala intensitas III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hasil monitoring BMKG untuk gempa bumi Laut Banda M7,2 pukul 11:52:53 hingga pukul 20:50:00 menunjukkan adanya 23 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock ) dengan magnitudo terbesar 6,8," ujar Daryono.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

Baca juga: BMKG catat 12 kali gempa susulan usai gempa magnitudo 7,2 di Maluku 
Baca juga: BNPB: Gempa magnitudo 7,2 di Tanimbar Maluku dirasakan selama 3 menit
Baca juga: BMKG: Gempa M7,2 guncang wilayah Laut Banda, tak berpotensi tsunami


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023