Sejauh ini warga masih tetap bertahan di dalam rumah, meskipun dalam hitungan menit terjadi gempa-gempa susulan dengan kekuatan bervariasi
Ambon (ANTARA) - Gempa bumi tektonik susulan yang mencapai belasan kali dengan kekuatan bervariasi setelah gempa utama magnitudo 7,2 tidak membuat warga pada berbagai pulau di Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku, mengungsi atau mencari tempat yang terbuka.

"Sejauh ini warga masih tetap bertahan di dalam rumah, meskipun dalam hitungan menit terjadi gempa-gempa susulan dengan kekuatan bervariasi," kata Kepala Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana Kabupaten Maluku Barat Daya, James James Liko, yang dihubungi dari Ambon, Rabu malam.

Menurut dia, gempa susulan terbaru berkekuatan magnitudo 6,8 yang baru terjadi beberapa menit lalu sangat terasa kuat guncangannya.

Tetapi warga Maluku Barat Daya, terutama di Kecamatan Babar Timur (Pulau Babar) maupun Pulau Dawera dan Dawelor dan beberapa pulau lainnya, tidak sampai meninggalkan rumah mereka dan mencari tempat terbuka untuk berlindung.

Baca juga: BMKG sebut gempa susulan di Maluku dangkal namun signifikan M6,8

Kondisi ini berbeda dengan gempa magnitudo 7,9 yang terjadi pada Selasa (10/1) 2023 lalu, yang mengakibatkan kerusakan infrastruktur umum maupun rumah-rumah warga dan sekitar 400 orang warga Dawera-Dawelor sempat mengungsi ke Gunung Erola.

"Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan maupun korban jiwa atau luka-luka," jelas James.

BMKG juga telah mengingatkan warga untuk tetap waspada akan terjadinya gempa susulan.

BMKG melaporkan gempa magnitudo 7,2 terjadi di Laut Banda, episentrum gempa dilaporkan pada 6,31 derajat Lintang Selatan (LS) : 129,77 derajat Bujur Timur (BT), pada  251 km barat laut Tanimbar dengan kedalaman 10 km.

BMKG yang melakukan monitoring muka laut menunjukkan kalau gempa bumi ini memicu terjadinya tsunami minor yang terpantau di Damar (Kabupaten Maluku Barat Daya) dengan ketinggian 39 sentimeter dan Pulau Banda (Maluku Tengah) 8 sentimeter.

Baca juga: BMKG: Gempa lagi di Tanimbar Maluku malam ini, magnitudo 6,8
Baca juga: BNPB: Gempa magnitudo 7,2 di Tanimbar Maluku dirasakan selama 3 menit

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023