Penyeberangan Banda Aceh-Sabang sudah kembali normal seperti biasanya, ada dua kapal yaitu KMP Aceh Hebat 2 dan KMP BRR
Banda Aceh (ANTARA) - Layanan penyeberangan Banda Aceh-Sabang kembali normal setelah Kapal Motor Penumpang (KMP) BBR yang melayani rute Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pelabuhan Balohan Sabang telah selesai menjalani perawatan (docking).

“Penyeberangan Banda Aceh-Sabang sudah kembali normal seperti biasanya, ada dua kapal yaitu KMP Aceh Hebat 2 dan KMP BRR,” kata General Manager PT Persero ASDP Indonesia Ferry Cabang Banda Aceh Rudy B Hanafiah di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan KMP BRR mulai menjalani perawatan pada awal Oktober 2023 di Nias, Sumatera Utara, sekitar 25 hari. KMP BRR tiba kembali di Pelabuhan Ulee Lheu pada Rabu (1/11) dan kembali melayani penyeberangan pada Minggu (5/11).

“Setelah tiba dari Nias, kemudian mendapat izin pelayaran dari Dinas Perhubungan baru beroperasi normal kembali hari Minggu. Sejauh ini arus penyeberangan normal dan lancar tidak ada stagnasi,” ujarnya.

Dengan kembali beroperasi dua kapal, kata Rudy, pelayanan penyeberangan Banda Aceh-Sabang kembal dengan pola operasi tiga trip per hari, baik dari Banda Aceh maupun sebaliknya. Sebelumnya penyeberangan hanya dilayani KMP Aceh Hebat 2 dengan operasi dua trip dari masing-masing daerah.

Rudy menambahkan perawatan tersebut merupakan kewajiban bagi ASDP selaku operator kapal, dalam upaya menjaga kontinuitas dan keselamatan kapal serta pengguna jasa dalam pelayaran.

Baca juga: ASDP: Penyeberangan Banda Aceh-Sabang hanya dilayani KMP Aceh Hebat 2

Baca juga: KKP lanjutkan pembangunan sentra perikanan terpadu di Sabang


Menurut dia, perawatan kapal tersebut juga dilakukan dalam rangka menyambut lonjakan penumpang pada akhir tahun mendatang.

“Kami juga sudah rapat koordinasi untuk menyusun persiapan menjelang akhir tahun,” katanya.

Sebelumnya, ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan docking KMP Papuyu pada awal September 2023, yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Ulee Lheu Banda Aceh ke Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar.

KMP Papuyu melayani penyeberangan ke Lamteng dan Serapung, Pulau Aceh. Kata dia, penyeberangan KMP Papuyu ke Pulau Aceh yakni Pulau Breuh dan Pulau Nasi merupakan pelayaran perintis dengan mekanisme kontrak subsidi per tahun.

ASDP Cabang Banda Aceh juga telah melakukan pemeliharaan terhadap KMP Aceh Hebat 2 pada awal Januari 2023. Selama ini penyeberangan Sabang-Banda Aceh dilayani dua kapal yakni KMP Aceh Hebat 2 dengan kapasitas 340 orang dan KMP BRR berkapasitas 250 penumpang.

Baca juga: 3.108 turis asing melancong ke Aceh selama Agustus 2023

Baca juga: Dinas Pariwisata sebut Sabang jadi wisata keluarga bagi turis Malaysia

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023