Jakarta (ANTARA) - Konsultan Gastrohepatologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Ariani Dewi Widodo menyatakan bahwa madu bisa menjadi pertolongan pertama ketika anak didapati menelan benda asing.

"Pertolongan pertama bisa diberikan madu, diharapkan madu itu bisa melindungi dan mengisi area di sekitar benda asing yang masuk dengan jaringan di dalam tubuh supaya tidak merusak," katanya dalam diskusi bersama IDAI secara daring di Jakarta, Kamis.

Dokter yang merupakan lulusan Universitas Indonesia, Depok ini menjelaskan meski madu belum boleh diberikan kepada anak usia di bawah satu tahun, tetapi untuk keadaan darurat maka bisa diberikan, dan setelah itu anak perlu segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

"Madu tidak bisa diberikan pada bayi di bawah satu tahun, tetapi untuk keadaan emergency bisa dilakukan, tetapi hanya untuk itu (darurat) saja ya," ujar dia.

Data yang disampaikan Ariani berdasarkan American Association of Poison Control Centers pada 2019, kasus ingesti (menelan benda asing) sebagian besar terjadi pada anak di bawah lima tahun (67.186 kasus) dan dewasa di atas 20 tahun (12.223 kasus).

"Kira-kira 70 persen pada anak (ingesti), kalau pada remaja seringnya tidak sengaja, atau untuk maksud tertentu, misalnya mengalami gangguan mental dan sengaja menelan benda asing atau cairan tertentu untuk bunuh diri," katanya.

Baca juga: Guru Besar FKUI: Imunisasi ganda lindungi anak dari beberapa penyakit

Selain memberikan madu, ia juga menekankan pentingnya orang tua, keluarga, atau pengasuh anak memiliki kemampuan resusitasi atau pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas dengan baik.

"Yang bisa terjadi pada seorang anak yang tidak sengaja menelan benda asing, pertama respons umumnya tersedak, dan ada kegawatdaruratan, pada saat di rumah yang paling sering itu tersedak dan bisa henti napas, apabila cairan atau benda berbahaya itu tidak sengaja masuk di saluran napas," kata dia.

Kemampuan resusitasi, kata dia, perlu terus dilatih dan tidak bisa didapatkan hanya melalui informasi di internet.

"Kemampuan resusitasi harus dilatih, sehingga kita bisa tahu yang kita lakukan itu benar, tidak cukup di Youtube. Misalnya, memompa jantung itu tidak sekadar dorong-dorong saja, tetapi ada tekniknya, yaitu tangan harus lurus, tumpuannya menggunakan seluruh berat badan, dan itu memerlukan refreshment (pelatihan) setiap tahun," ucap Ariani.

Ia menyarankan orang tua selalu membersihkan rumah secara berkala, menempatkan benda-benda kecil yang berbahaya di tempat aman atau meletakkan di tempat yang terkunci.

"Selain itu, jangan meletakkan cairan berbahaya atau cairan-cairan lain seperti detergen, sabun cuci piring di botol bekas air mineral, karena anak-anak usia 0-3 tahun cenderung belum bisa membedakan mana itu minuman dan mana yang bukan," ujar dia.

Baca juga: IDAI: Orang tua perlu perhatikan kesehatan mental anak dan remaja
Baca juga: Dokter: Penggunaan "air purifier" di rumah bantu minimalisir polusi

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023