Porprov dua tahun lalu, Kota Kediri juga mendominasi
Madiun (ANTARA News) - Lifter putri Kota Kediri berhasil memborong enam medali emas pada pertandingan hari pertama cabang angkat besi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur IV tahun 2013 di Kota Madiun, Minggu.

Tiga dari enam medali emas tersebut disumbangkan Siska Rufa Misana yang turun di nomor snatch dan clean & jerk, serta total angkatan pada kelas 53 kilogram ke atas.

Kemudian, Rahma Sidiqah meraih dua emas dan Nur Zannah menambah satu keping emas dari kelas 53 kilogram.

"Tidak terlalu mengejutkan jika Kota Kediri mendominasi cabang angkat besi karena program pembinaan di daerah itu memang bagus. Porprov dua tahun lalu, Kota Kediri juga mendominasi, selain Kota Malang," kata Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jatim Irmantara Subagio.

Pada nomor snatch kelas 53 ke atas putri, Siska Rufa Misana berada pada posisi teratas dengan angkatan barbel seberat 61 kilogram, peringkat kedua diraih Anisa Cahyati (Madiun) dengan 56 kilogram, dan Claudia (Surabaya) dengan 55 kilogram di posisi ketiga.

Dominasi Siska Rufa Misana berlanjut di nomor clean & jerk dengan berhasil mengangkat barbel seberat 80 kilogram, sedangkan pesaingnya Azizah Fathor Rizky (Malang) hanya membukukan angkatan 78 kilogram dan harus puas dengan medali perak, serta Anisa Cahyati merebut perunggu dengan angkatan 65 kilogram.

Dari dua nomor tersebut, Siska Rufa membukukan total angkatan terbaik, yakni 141 kilogram dan berhak atas medali emas ketiganya, sementara perak dan perunggu direbut Kabupaten Madiun dan tuan rumah Kota Madiun.

Sementara itu, dari kelas 53 kilogram putri, lifter Kota Kediri Rahma Sidiqah merebut medali emas nomor clean & jerk dengan angkatan seberat 61 kilogram, unggul dari rekan sedaerahnya Nur Zannah yang mencatat angkatan 60 kilogram.

Lifter Kota Surabaya Putri Say Yahya yang hanya mampu mengangkat barbel seberat 55 kilogram harus puas memperoleh medali perunggu.

Pada nomor snatch putri kelas yang sama, giliran Nur Zannah yang mengalahkan Rahma Sidiqah. Kedua lifter sebenarnya mencatat angkatan sama 45 kilogram, tetapi Nur Zannah dinyatakan menang karena berhasil mengangkatnya pada kesempatan pertama, sementara Putri Say Yahya kembali kebagian perunggu.

Dengan angkatan snatch 45 kilogram dan clean & jerk 61 kilogram, Rahma Sidiqah pun akhirnya juga berhak menerima kalungan medali emas kedua untuk total angkatan terbaik 106 kilogram, diikuti Nur Zannah (105 kilogram) dan Putri Say Yahya (98 kilogram).


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013