Jakarta (ANTARA) - Aktris Putri Ayudya memandang Soeharsikin, istri dari pahlawan nasional Tjokroaminoto, dan Presiden Ketiga Republik Indonesia BJ Habibie sebagai tokoh inspiratif yang dapat menjadi panutan bagi generasi muda.

“Bu Soeharsikin adalah orang yang menjaga perekonomian keluarga tetap berjalan ketika Pak Tjokro harus banyak berdiskusi politik,” kata Putri Ayudya ketika berkunjung ke Kantor ANTARA, di Jakarta Pusat, Kamis.

Berdasarkan riset yang dia lakukan, Putri Ayudya menemukan bahwa Soeharsikin merupakan sosok penting yang menjaga keberlangsungan keluarganya selama Tjokroaminoto disibukkan dengan urusan-urusan di luar rumah.

“Yang bikin orang-orang yang datang bisa minum kopi? Ibu. Yang jagain anak-anaknya? Ibu. Yang bikin kosan? Ibu,” kata Putri Ayudya.

Baca juga: Putri Ayudya alami kisah mirip karakternya di "Pesan dari Hati"

Oleh karena itu, Putri menilai bahwa sosok Soeharsikin merupakan salah satu contoh dari pahlawan yang tidak terlihat.

Meskipun Tjokroaminoto yang dikenal oleh publik sebagai pahlawan nasional, Putri menilai kehadiran Soeharsikin sebagai pendamping Tjokroaminoto juga tak kalah pentingnya dalam mendukung capaian-capaian suaminya.

Putri meyakini ketika terdapat tokoh-tokoh besar yang menjadi sorotan nasional, pastilah terdapat orang-orang terdekat yang mendampingi dan melengkapi kebutuhan para tokoh tersebut untuk melesat menjadi sosok yang hebat.

“Menurutku, semua pendamping pahlawan adalah pahlawan yang nggak keliatan,” kata Putri.

Dia juga menyoroti BJ Habibie sebagai salah satu pahlawan nasional yang dapat menjadi acuan bagi generasi muda. Kekaguman Putri terhadap Habibie dilandasi oleh rasa sukanya pada bidang pendidikan.

“Menurutku, Pak Habibie adalah salah satu orang yang memperjuangkan pendidikan di Indonesia,” ucap Putri.

Baca juga: Putri Ayudya lakukan adegan berbahaya tanpa stuntman

Baca juga: Nasionalisme Bung Karno tumbuh saat tinggal di Rumah Tjokroaminoto

Baca juga: Sosok BJ Habibie di hati masyarakat Timor Leste

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023