ini merupakan hasil kerja bersama
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan meraih penghargaan insentif fiskal tahun berjalan atas kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem dari pemerintah pusat.

Penjabat (Pj) Bupati Cut Syazalisma dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Kamis, mengatakan penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis (9/11).

"Atas nama pribadi dan Pemkab Aceh Selatan saya mengucapkan terima kasih atas penghargaan tersebut. Pemkab Aceh Selatan terus berbenah dan tetap mengedepankan aspek pertumbuhan, keadilan sosial, dan keterjangkauan dalam mengentaskan kemiskinan ekstrem," kata dia.

Cut Syazalisma juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang ikut bersama-sama pemerintah daerah berupaya menekan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Aceh Selatan.

"Pemkab Aceh Selatan menerima penghargaan atas kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem pada 2023. Dan ini merupakan hasil kerja bersama," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Akademisi USK apresiasi keberhasilan Aceh turunkan penduduk miskin
Baca juga: BPS sebut penduduk miskin di Aceh berkurang 11.700 orang 


Pj Bupati Aceh Selatan itu mengatakan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam arahannya menyampaikan waktu hanya tersisa satu tahun lagi menuju target nol persen kemiskinan ekstrem pada 2024.

Oleh karena itu, Wakil Presiden menekankan peran krusial para kepala daerah dalam menyusun program dan kegiatan serta keberpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

"Wakil Presiden minta konsistensi pimpinan daerah tetap terjaga, utamanya dalam melaksanakan strategi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan berkelanjutan kelompok masyarakat miskin ekstrem, serta penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan," katanya.

Selain itu, Wakil Presiden meminta perhatian bersama dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat lebih mengedepankan aspek pertumbuhan, keadilan sosial, dan keterjangkauan.

"Wakil Presiden juga menekankan berbagai langkah konkret untuk mencapai target penghapusan kemiskinan ekstrem sudah dilaksanakan, di antaranya penajaman sasaran serta pengembangan data sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem," kata Cut Syazalisma.

Baca juga: Pemkab Aceh Jaya gandeng IPB University entaskan kemiskinan ekstrem
Baca juga: Kepala Bappeda paparkan enam strategi turunkan kemiskinan di Aceh
Baca juga: Pj Gubernur minta bupati/wali kota di Aceh kompak bangun daerah

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023