Jakarta (ANTARA) - Pemain senior IBL Kelly Purwanto menandatangani perpanjangan kontrak dengan timnya Amartha Hangtuah Jakarta untuk bisa melanjutkan berkompetisi di IBL 2024 dalam usianya yang sudah menginjak 40 tahun.

Perpanjangan kontrak Kelly Purwanto dengan Hangtuah hanya berdurasi satu tahun yaitu pada musim IBL 2024.

Kepala Pelatih Amartha Hangtuah Jakarta Andika Supriadi Saputra meyakini Kelly masih bisa memberikan kontribusi terbaiknya dengan sistem kompetisi IBL yang baru.

"Kalau memakai sistem home away di musim depan, maka estimasinya adalah setiap tim akan bermain dua kali seminggu. Rasanya ini tidak akan memberatkan bagi pemain seusia Kelly," kata Andika dikutip dari laman resmi IBL di Jakarta, Jumat.

Andika mengakui bahwa timnya masih membutuhkan Kelly saat ini. Menurut dia, akan ada banyak waktu istirahat sehingga pemain seperti Kelly akan bisa memunculkan performa terbaiknya di setiap pertandingan.

Format kompetisi IBL musim 2024 memang berbeda dengan musim 2023. Manajemen IBL menerapkan laga kandang dan tandang layaknya kompetisi bola basket di NBA.

Berbeda dengan musim IBL sebelumnya dengan menggunakan format seri di sejumlah kota. Pada format kompetisi berseri di beberapa kota, pertandingan IBL diadakan selama kurang lebih tujuh hari di arena dan kota yang sama.

Dengan usianya yang 40 tahun, Kelly bisa menyandang predikat sebagai pemain tertua di liga. Kelly yang lahir pada 3 Agustus 1983, sudah bermain bola basket profesional sejak 2005 hingga sekarang.

Baca juga: Firman Dwi Nugroho lanjut bersama Dewa United di IBL 2024

Mengawali karier sebagai punggawa Pelita Jaya pada 2005, Kelly pindah ke Garuda pada 2007. Kemudian pada 2010 dia kembali ke Pelita Jaya hingga 2016.

Kelly melanjutkan kariernya di Hangtuah, namun sempat ke Bogor Siliwangi selama satu musim yakni 2018 - 2019, lalu kembali ke Hangtuah hingga sekarang.

Kelly pernah menjadi MVP IBL pada 2006. Terpilih lima kali di laga All-Star, baik IBL dan NBL. Kemudian mendapat predikat Top Assist NBL satu kali dan dua kali mendapat penghargaan Top Steal. Namun sayangnya Kelly belum pernah merasakan gelar juara liga.

Meski usianya sudah tidak muda lagi, Kelly masih mampu bermain dengan rata-rata 20 menit per pertandingan di musim 2023.

Dia tampil dalam 26 laga dengan catatan statistik rata-rata 2,9 poin per gim, 2,3 rebound per gim, dan 3,8 assist per gim.

Baca juga: Hardianus berpisah dengan Satria Muda setelah 10 tahun
Baca juga: RANS punya nama dan markas baru jelang IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023